Ekonomi UMKM Tangguh

Tingkatkan Transaksi UMKM, GoFood dan Pemprov Jatim Jalin Sinergi

Jumat, 04 Desember 2020 - 23:53 | 38.88k
Kerjasama GoFood dan Pemprov Jatim berupa potongan harga sebesar 20%. (Foto: Gojek for TIMES Indonesia)
Kerjasama GoFood dan Pemprov Jatim berupa potongan harga sebesar 20%. (Foto: Gojek for TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gojek, SuperApp terdepan di Asia tetap produktif selama masa adaptasi kebiasaan baru dengan mengedepankan protokol kesehatan, kebersihan dan keamanan. Salah satu perwujudannya adalah kemitraan bersama Pemprov Jatim melalui Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Jatim untuk membantu keberlangsungan pendapatan ribuan UKM, terutama yang memanfaatkan GoFood sebagai solusi teknologi yang dihadirkan oleh Gojek.

Upaya yang dilakukan Gojek dan Pemprov Jatim memberikan potongan harga  sebesar 20% untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi GoFood bagi masyarakat di di Surabaya Raya dan Malang Raya yang membeli kuliner atau jajanan khas Jatim. Potongan harga 20% ini diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat terhadap UMKM kuliner lokal, sehingga perekonomian terus berputar.

Dr. Mas Purnomo Hadi, MM, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Jatim mengatakan pihaknya menyambut baik sinergi yang dilakukan oleh Pemprov Jatim dan Gojek untuk terus menggairahkan usaha kuliner berbasis UMKM di Jatim dengan memanfaatkan teknologi. “Hal ini sejalan dengan semangat kami untuk terus melakukan terobosan agar sektor UMKM dapat terus bergeliat namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

“Dengan demikian usaha kuliner mitra UMKM yang tadinya sempat terkendala karena Pandemi Covid-19 dapat membaik melalui program potongan harga yang diberikan oleh GoFood ini, utamanya jajanan khas Jatim. Bilamana sinergi ini berdampak positif, bukan tidak mungkin kerjasama serupa akan kami lanjutkan di tahun-tahun mendatang,” sambung Mas Purnomo Hadi.

Sisi lain Boy Arno, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek  wilayah Jatim & Bali Nusra mengatakan sebagai aplikasi super karya anak bangsa, Gojek secara konsisten mendukung upaya Pemprov Jatim untuk menggerakkan sektor UMKM melalui ekosistem digital yang dimiliki.

“Melalui promosi digital berupa  potongan harga 20% di aplikasi GoFood selama periode 18 November hingga 15 Desember 2020 ini, kami harapkan dapat mendorong pelanggan bertransaksi dan mendukung peningkatan pendapatan mitra merchant kami yang memang berbasis UMKM,” ucap Boy.  

Sementara itu, Maylani Haliman, pemilik merchant GoFood Nyah Tewelyang yang berpartisipasi dalam program ini merasakan dampak positif mengikuti program yang digagas oleh Gojek dan Pemprov Jatim ini. Selama program potongan harga 20% Jajanan Jatim ini, transaksi penjualan naik hingga 70% dengan omset meningkat hingga 150%.

“Oleh karena itu saya berharap agar program ini dapat diteruskan di kemudian hari sehingga merchant seperti kami yang memang berbasis UMKM dapat terus bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini,” paparnya.

Sepanjang dua minggu pertama program ini berjalan, dari 18 November hingga 1 Desember 2020 tercatat hampir 5.350 transaksi dengan total penjualan mencapai hingga Rp 220 juta di merchant-merchant UMKM jajanan khas Jatim yang berpartisipasi. Diharapkan di akhir periode program pada 15 Desember mendatang lebih banyak lagi transaksi yang dapat berdampak positif bagi mitra UMKM GoFood ini. (*)    

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES