Gaya Hidup

Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Mencairkan Makanan Beku Sebelum Diolah

Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:17 | 82.86k
ILUSTRASI - Daging ikan beku. (FOTO: epicurious.com)
ILUSTRASI - Daging ikan beku. (FOTO: epicurious.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membekukan makanan salah satu cara yang dilakukan agar makanan awet atau tahan lama. Tak hanya bahan makanan seperti daging, ikan, ayam, tapi juga beberapa jenis sayur juga tersedia dalam bentuk beku. Demikian juga beberapa jenis jajanan seperti risoles atau lainnya. Makanan beku sebenarnya memang jauh lebih praktis. Karena dapat dikonsumsi kapan saja saat dibutuhkan.

Namun Anda harus tepat saat mengolah makanan beku. Salah dalam mengolah makanan beku bisa mengubah rasa dan aroma makanan itu sendiri. Tak itu itu saja, salah dalam memperlakukan makanan beku juga dapat mengudang bakteri.

Lantas bagaimana cara yang tepat mencairkan makanan beku sebelun diolah? 

1. Keluarkan dari freezer

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan beku sebaiknya keluarkan dari freezer dan letakkan di kulkas biasa (bukan freezer) beberapa jam sebelumnya. Ini akan membantu makanan beku mencair secara perlahan untuk menghindari paparan bakteri

2. Diamkan di suhu ruang

Setelah beberapa jam di dalam kulkas (bukan freezer), Anda dapat mengeluarkannya dan membiarkan di suhu ruang. 

3. Direndam air biasa

Jika Anda lupa mengeluarkan makanan beku dari freezer ke kulkas, Anda dapat merendam dengan air biasa (suhu ruang). Perlu diingat, sebelumnya beri lapisan plastik kedap air pada bahan makanan yang akan dicairkan tersebut agar tak menyerap air. 

4. Pakai microwave

Cara ini dilakukan jika Anda sangat terburu-buru. Sebab mencairkan makanan beku menggunakan microvawe hasil pencairan kurang rata. Meski demikian masih dapat ditoleransi jika makanan tersebut segera diolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES