Peristiwa Internasional

China Kirim Pesawat Antariksa Chang-e 5 ke Bulan

Jumat, 04 Desember 2020 - 01:30 | 60.57k
Chang-e 5. (Foto: NASA)
Chang-e 5. (Foto: NASA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – China mengirimkan pesawat antariksanya ke Bulan. Pesawat ini diberi nama Chang-e 5. Pesawat tersebut telah melakukan pendaratan di bulan setelah sebelumnya diterbangkan dari bumi beberapa hari yang lalu.

Pesawat itu memasuki orbit bulan pada Sabtu setelah menempuh perjalanan 112 jam dari Bumi. Sebelumnya, setelah sebuah roket membawanya ke luar angkasa dari provinsi Hainan pekan lalu.

Hal ini menjadi kali pertama Cina mengirimkan pesawat antariksanya ke bulan. Dengan dikirimnya pesawat antariksa ini China berharap dapat memiliki stasiun ruang angkasa di Bulan pada tahun 2022 nanti.

Pesawat antariksa ini ditugaskan untuk mendapatkan sampel bebatuan di bulan. Sampel tersebut akan digunakan untuk membantu para ilmuwan mempelajari tentang asal-usul bulan, formasi bebatuan, serta kejadian vulkanik di permukaannya.

Dilansir dari The Guardian pesawat ini akan mengumpulkan 2kg material permukaan di area yang sebelumnya belum pernah dijelajahi. Dataran ini dikenal dengan nama Oceanus Procellarum (Ocean of Storms) yang merupakan dataran lava yang luas.

Pesawat ini direncanakan akan berada di bulan dalam waktu 14 hari atau selama 1 hari bulan. Sampel yang didapat dari Bulan oleh Chang-e 5 kemudian akan dikembalikan ke Bumi dalam kapsul yang diprogram untuk mendarat di wilayah Mongolia Dalam, China Utara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES