Peristiwa Daerah

Dandim 0617/Majalengka: Penyandang Disabilitas Majalengka Mampu Berprestasi

Kamis, 03 Desember 2020 - 14:51 | 38.31k
Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menghadiri kegiatan lomba puisi bisu dalam rangka Hari Disabilitas Internasional, tahun 2020, tingkat Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menghadiri kegiatan lomba puisi bisu dalam rangka Hari Disabilitas Internasional, tahun 2020, tingkat Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKADandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) kali ini harus dijadikan momentum untuk terus mendongkrak semangat penyandang disabilitas di Majalengka.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa para penyandang disabilitas bisa berkarya seperti masyarakat lainnya," ucap Dandim yang juga pembina penyandang disabilitas Majalengka ini kepada TIMES Indonesia, Kamis (3/12/2020).

Andik-Siswanto.jpg

Menurutnya, orang-orang yang memiliki keterbatasan tersebut juga berhak memperoleh kesetaraan hidup sama seperti mereka yang berfisik normal.

"Keterbatasan bukanlah alasan untuk membatasi kita berkarya apalagi menutup diri terhadap luasnya dunia luar. Justru, keterbatasanlah yang harus menjadi motivasi dan lecutan semangat untuk bisa meraih kehidupan yang lebih baik," katanya.

Masih dikatakannya, hal tersebut sudah diwujudkan oleh para kaum difabel Kabupaten Majalengka, yang bisa membuka mata hati kita semua bagaimana perjuangan mereka untuk terus berkarya di tengah keterbatasan fisik.

"Mereka mampu membuat berbagai keterampilan dan kerajinan terbuat dari bambu yang bernilai ekonomis. Di situ kita sandingkan dengan program Kodim 0617/Majalengka. Yakni, 'Desa Mandiri Raharja'," jelasnya.

Ia berharap akses kepada penyandang disabilitas lebih diperluas. Mereka tak butuh dikasihani, namun mereka hanya butuh kesetaraan dengan non difabel lainnya. "Kami berharap di momen HDI tahun 2020 ini, Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada para difabel. Dan merepresentasikan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan bagi kaum difabel, untuk mewujudkan Majalengka Raharja," harap Dandim 0617/Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES