Peristiwa Daerah

Guru SDIT Al Uswah Tuban Tes Hafalan Al-Quran 5 Juz Secara Terbuka

Kamis, 03 Desember 2020 - 14:41 | 87.67k
Lailatul Fitriah saat tes munaqosyah tahfiz 5 juz di studi lantai II SDIT Al Uswah Tuban, Kamis (04/12/2020). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)
Lailatul Fitriah saat tes munaqosyah tahfiz 5 juz di studi lantai II SDIT Al Uswah Tuban, Kamis (04/12/2020). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Divisi Al-Quran LPIT Al Uswah Tuban menguji kualitas hafalan guru pengajar Al-Qurannya secara terbuka live media sosial Facebook, disaksikan dan disimak oleh tim penguji yang terdiri unsur pimpinan lembaga, Kamis, (3/12/2020).

Munaqosyah tahfidz ini sebagai bentuk komitmen penuh Al Uswah Tuban dalam peningkatan dan pembinaan sumber daya manusia di guru Al-Quran.

Dalam kesempatan kali ini, Lailatul Fitriah selaku guru SDIT Al Uswah Tuban dites kualitas hafalan Al-Quran 5 juz yang bertempat di studio lantai II sekolah. Adapun item yang diuji, yakni kelancaran hafalan, tajwid dan fashohah (jelas, fashih dan nampak).

Ahmad Maftuhin dan tim Wafa di jenjang terus berusaha serius memberikan kontribusi optimal dalam kualitas pendidikan Al Uswah dan di Kabupaten Tuban secara umum, sehingga menjadi kota penghafal Al-Quran dengan terus konsisten memperjuangkan dan merealisasikan cita-cita besar Islam.

Lailatul Fitriah dites 5 juz, dengan rincian juz 1 – 3, juz 29 dan juz 30. Ia menuntaskan ujian selama kurang dari 3 jam dengan baik dan lancar.

Ketika usai tes, Fitri berujar, "Alhamdulillah lancar. Selesai ujian, tambah ngerasa berat. Karena ujian hakiki hafalan adalah, senantiasa menjaganya supaya tidak lupa."

Perempuan dua anak ini berpesan untuk guru yang lain, "Bismillah, Tetap semangat ziyadah dan murojaah hafalan, gak papa dikit-dikit penting istiqamah."

Dikonfirmasi, Kepala SDIT Al Uswah Tuban, Mulyadi mengucap syukur atas terselenggaranya program munaqosyah tahfiz asatiz ini.

"Setelah jenjang lainnya sudah melakukan ujian tahfiz duluan, hari ini SDIT juga ikut menyambung ujian tahfiz yang dimulai dari Fitri dengan hafalan 5 juz," kata pria yang berdomilisi di Kelurahan Panyuran, Palang, Tuban ini.

"Alhamdulilah pagi ini program tahfidz dan tahsin (Tahta) guru di SDIT Al Uswah Tuban baik guru Al-Quran dan guru mata pelajaran sudah mulia kita lihat buahnya," ujarnya kepada TIMES Indonesia. 

Program ini akan terus dikawal sebagai komitmen SDIT Al Uswah Tuban dalam membangun pendidikan Islam yang kuat di Tuban khususnya. Mulyadi berharap semoga ini sebagai pemantik dan inspirasi bagi guru yang lainnya untuk terus menguatkan dan menambah hafalan Al-Qur'an. 

Seperti diketahui bersama bahwa LPIT Al Uswah Tuban serius memberikan pelayanan pendidikan berkualitas di Kabupaten Tuban. Peningkatan kualitas guru Al-Quran di sekolah terus dipacu dan masyarakat bisa menilai dari siaran langsung melalui media sosial resmi lembaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES