Pemerintahan Pilkada Serentak 2020

Pjs Wali Kota Blitar: Kawal Penerapan Protokol Kesehatan di TPS

Kamis, 03 Desember 2020 - 11:46 | 32.12k
Pjs Wali Kota Blitar mengenakan badge kepada Satlinmas dalan apel gelar pasukan di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Kamis (3/12/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Pjs Wali Kota Blitar mengenakan badge kepada Satlinmas dalan apel gelar pasukan di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Kamis (3/12/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BLITARPemkot Blitar menggelar apel gelar pasukan dan Penyerahan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pengamanan Pilwali Blitar 2020 kepada Polres Blitar Kota di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Kamis (3/12/2020). 

Dalam kesempatan itu, Pjs Wali Kota Blitar Jumadi yang memimpin apel menekankan bahwa Satlinmas juga bertanggung jawab penerapan protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), selain tugas utama Satlinmas untuk pengamanan.

"Kita punya potensi perlindungan masyarakat. Kita BKO kan ke polres untuk mendukung polri dan TNI dalam pengamanan Pilwali," kata Jumadi.

Jumadi mengatakan ada sebanyak 684 petugas Satlinmas yang mengamankan pelaksanaan Pilwali Blitar 2020. Sejumlah petugas akan disebar di tiap tempat pemungutan suara (TPS), Panitia Pemungutan Suara di kelurahan dan Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK. 

"Rinciannya, di tiap TPS disiagakan dua petugas Satlinmas, di Posko Kelurahan masing-masing disiapkan lima petugas Satlinmas, dan di Posko Kecamatan masing-masing disiapkan 10 petugas," jelasnya.

Selain itu, Jumadi mengatakan semua tahapan Pilwali Blitar 2020 sudah dilaksanakan dengan lancar.  Sekarang, tinggal menunggu tahapan  proses pemungutan dan penghitungan suara Pilwali Blitar 2020.

"Hari ini sudah kami serahkan petugas Satlinmas kepada Polres Blitar Kota. Polres yang akan mengatur sistem pengamanan saat pemungutan suara," urainya.

Di tempat yang sama, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela menambahkan bahwa tugas Satlinmas di Pilkada 2020 ini bertambah dibandingkan pada Pemilu sebelumnya. Selain pengamanan, Satlinmas juga bertanggung jawab terhadap penerapan protokol kesehatan di TPS. 

"Semoga Satlinmas bisa menjalankan tugasnya dengan baik," kata Leonard.

Leonard mengemukakan, di masa pandemi ini ada 15 hal baru di TPS, utamanya terkait penerapan protokol kesehatan. Salah satunya, pengecekan suhu tubuh calon pemilih menjadi tugas petugas Linmas.

"Termasuk mengingatkan pemilih untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker , mencuci tangan dan menjaga jarak," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES