Peristiwa Nasional

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Formasi Probolinggo Tagih Janji Dewan

Kamis, 03 Desember 2020 - 11:30 | 45.42k
Forum Masyarakat Peduli Inklusi, tagih janji dewan Kota Probolinggo soal Perda Difabel. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Forum Masyarakat Peduli Inklusi, tagih janji dewan Kota Probolinggo soal Perda Difabel. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Peringati hari Disabilitas Internasional, Forum Masyarakat Peduli Inklusi (Formasi) Kota Probolinggo, Jawa Timur, tagih janji wakil rakyat di Gedung DPRD setempat. Sayangnya, tidak ada satupun anggota dewan yang menemui warga difabel itu.

Sebelumnya, komunitas difabel Kota Probolinggo ini menggelar aksi damai. Membagikan bunga pada pengandara jalan di depan Kantor DPRD Kota Probolinggo. Dengan harapan, masyarakat mau menerima kaum difabel sebagai bagian tak terpisahkan dari masyarakat.

Selanjutnya perwakilan Forum Masyarakat Peduli Inklusi ini, bergerak menuju kantor dewan. Dengan harapan bisa berdialog dan menagih janji perda tentang difabel. Perda tentang Difabel sebelumnya dijanjikan oleh dewan setempat pada Februari 2020 lalu. Namun sampai saat ini belum ada kabar serta belum ada pembahasan. Aksi simpatik inipun, merupakan upaya jemput bola.

“Kami berupaya memperjuangkan perda itu, untuk warga difabel di Kota Probolinggo. Agar ada payung hukum yang mencakup segala hal tentang difabel. Mulai dari kesejahteraan, Pendidikan sampai lapangan pekerjaan,” kata salah satu perwakilan Formasi, Muhammad Saikhu, Kamis (3/12/2020).

Saikhu menyebut, di Jawa Timur baru Kabupaten Jember dan Situbondo saja yang memiliki perda disabilitas. Karena itulah, Saikhu dan kawan-kawannya menggelar aksi simpatik bagi-bagi bunga sekaligus menagih janji wakil rakyat di DPRD Kota Probolinggo.

Sejauh ini, perhatian pemerintah pada kaum difabel di Kota Probolinggo memang baik. Namun terkadang, sebatas bantuan dan pelatihan saja. “Follow up – nya yang kurang. Kadang setelah pelatihan dan diberi bantuan alat, sudah sampai disitu saja,” ujarnya.

Upaya komunitas difabel menagih janji dewan inipun berakhir hampa. Lantaran anggota maupun pimpinan dewan, tidak ada di tempat. Pihak sekretariat DPRD Kota Probolinggo pun, menyarankan agar dijadwal ulang, rencana pertemuan itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES