Kesehatan

Mentimun, Si Segar Kaya Manfaat

Kamis, 03 Desember 2020 - 06:21 | 58.76k
ILUSTRASI - Manfaat Mentimun. (FOTO: Videoblock)
ILUSTRASI - Manfaat Mentimun. (FOTO: Videoblock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mentimun sudah banyak dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan wajah. Banyak produk kecantikan seperti masker, toner, atau pembersih wajah yang menggunakan sari mentimun. Hal ini karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, vitamin A, B, K dan C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika yang sangat dibutuhkan dalam perawatan kulit.

Di samping dapat digunakan untuk merawat kecantikan, mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi mentimun secara langsung atau dengan cara infused water sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat menakjubkan dari mentimun, dilansir dari lifehack.org.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Amerika, menurut American Heart Association. Anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit ini melalui pilihan gaya hidup yang baik seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga bisa membantu Anda terhindar dari penyakit ini. Hal ini karena mentimun telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi yang berisiko lebih tinggi untuk mengalami patah tulang. Banyak orang berpikir kesehatan tulang tergantung pada kalsium, vitamin D, dan magnesium, serta vitamin K. Mentimun kaya kandungan vitamin K yang membantu membentuk matriks tulang dan menjaga tulang padat dan kuat.

3. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti cuaca panas, berolahraga berat, atau kurang minum. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, membuat sirkulasi lebih lamban dan bahkan mempengaruhi berat badan. Kandungan air dalam mentimun sangat banyak, hal ini akan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jika tidak suka makan mentimun langsung, Anda bisa menggunakan cara lain, yaitu mencampur mentimun dengan air (infused water).

4. Mengurangi Risiko Kanker

Mentimun mengandung antioksidan dan senyawa lain seperti cucurbitacins dan lignan yang telah terbukti dalam studi klinis untuk membantu tubuh menangkis perkembangan kanker. Namun selain mengkonsumsi mentimun, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Mencegah Alzheimer

Selain kanker dan osteoporosis, mentimun juga dapat mengurangi risiko terkena alzheimer, penyakit yang menyebabkan hilangnya memori progresif. Kandungan Array yang kaya antioksidan dalam mentimun dapat membantu mengurangi stres pada sel-sel, memperlambat proses penuaan, dan mencegah banyak penyakit terkait usia ini.

6. Mengeluarkan Racun Tubuh

Setiap hari kita terpapar banyak racun yang berasal dari makanan dan air minum, polusi udara dan bahkan bahan kimia rumah tangga dan pembersih. Racun ini dapat menyebabkan gangguan dalam tubuh. Namun Anda bisa memanfaatkan air mentimun untuk mengatasi hal ini. Air mentimun, dapat membantu detoksifikasi tubuh karena memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk menghilangkan bahan kimia berbahaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES