Peristiwa Daerah

Sikapi Deklarasi Kemerdekaan Papua, Mahfud MD: NKRI Sudah Final

Rabu, 02 Desember 2020 - 16:21 | 33.50k
Mahasiswa Papua. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Mahasiswa Papua. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenko Polhukam RI Mahfud MD menyatakan, Papua dan Papua Barat adalah bagian dari NKRI. Jadi, tak ada istilah tawar menawar apapun berkaitan dengan posisi Papua dan Papua Barat di Indonesia untuk memisahkan diri.

"(NKRI) sudah final, tidak ada jalan lagi, tidak ada jalan lagi, tidak ada negosiasi apapun untuk kemerdekaan untuk memisahkan diri," ucap Mahfud dalam konferensi pers virtual.

Mantan hakim MK itu menjelaskan, di Papua sekarang terjadi lagi karena memang di sana ada sekelompok orang yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. Hal itu karena ada kerja sama dengan provokator warga negara lain.

"Kami hadapi karena semua itu melanggar hukum," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda mendeklarasikan kemerdekaan Papua pada Selasa (1/12/2020).

"Kami mengumumkan pembentukan Pemerintah Sementara Papua Barat. Kami siap mengambil alih wilayah kami, dan kami tidak akan lagi tunduk pada aturan militer ilegal Jakarta," katanya seperti dilansir di situs resmi ULMWP.

"Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami," ujarnya soal Papua Merdeka. Namun banyak pihak tak mengakui deklarasi itu, termasuk Menko Polhukam RI Mahfud MD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES