Pemerintahan

E-Parlemen, Dukung Kinerja DPR RI di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 - 15:36 | 44.42k
Gedung DPR RI. (FOTO: Wikipedia)
Gedung DPR RI. (FOTO: Wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menekankan urgensi "e-parlemen" dalam mendukung kinerja DPR RI.

E-parlemen dia sebut dia bakal membuat lembaganya menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel, serta tetap produktif pada masa pandemi Covid-19.

"E-parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR RI, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja parlemen Indonesia yang modern," ujar Azis kepada wartawan di Jakarta Rabu (2/12/2020).

Menurut dia, mekanisme dan sistem "e-parlemen" sudah diluncurkan Setjen DPR RI pada 8 Oktober 2020. Dia menilai penerapan "e-parlemen" juga menunjang produktivitas DPR RI pada masa pandemi Covid-19.

"Berbagai agenda rapat dan sidang-sidang di DPR RI kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian baru dan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang disiarkan langsung di laman resmi DPR," ujarnya.

Azis menjelaskan DPR RI secara bertahap akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan sehingga akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR RI, pemerintah dan mitra kerja, serta masyarakat.

Menurut dia, dengan sistem e-parlemen, semua bisa akses informasi tentang apa yang dibahas dan dikerjakan DPR RI, dan bisa langsung memberikan masukan.

"Jadi semuanya bisa lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan. Arahnya ke digitalisasi, ada penghematan dan mengurangi penggunaan kertas, lebih ramah lingkungan, dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil-wakilnya," katanya.

Wakil Ketua DPR RI asal Partai Golkar itu juga menilai disamping mendukung kinerja DPR RI, e-parlemen juga penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES