Pemerintahan

Pemkab Blitar Sepakat Kerjasama Pengadaan Jagung dengan Pemkab Keerom

Rabu, 02 Desember 2020 - 14:49 | 37.28k
Pjs Bupati Blitar menandatangani perjanjian kerjasama perdagangan antar daerah dengan Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Rabu (2/12/2020). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Pjs Bupati Blitar menandatangani perjanjian kerjasama perdagangan antar daerah dengan Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Rabu (2/12/2020). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARPemkab Blitar melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama perdagangan antardaerah dengan Pemkab Keerom, Provinsi Papua, di Pendopo Sasana Adhi Praja Pemkab Blitar, Rabu (2/12/2020). Perjanjian kerja sama tersebut terkait pengadaan jagung kering untuk bahan baku pakan ternak ayam.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama Koperasi Putra Blitar dengan Koperasi Cahaya Tani Kabupaten Keerom.

Tidak hanya itu, pada acara tersebut pemerintah Kabupaten Blitar juga menerima pengiriman jagung dari pemerintah Kabupaten Keerom sebanyak 15,5 ton jagung kering.

"Harapan kami kedepan kerjasama ini benar benar manfaat dan kerja sama ini bisa terus menerus dan berlangsung dengan baik," kata Pjs Bupati Blitar Budi Santosa usai prosesi penandatanganan.

Kabupaten Blitar merupakan sentra usaha pertanian peternakan yang turut menyumbang perhitungan inflasi secara nasional khususnya produk telur. Budi mengatakan di Kabupaten Blitar terdapat sekitar 5000 Peternak unggas khususnya peternak ayam telur dengan produk sekitar 1000 Ton telur perhari.

Pjs Bupati Blitar

"Peternak membutuhkan jagung sebagai bahan baku pakan ternak sebesar 1200 -1500 ton perhari. Ini luar biasa, kita masih butuh banyak," urai Budi.

Budi menyebut, pada bulan November hingga Januari, Kabupaten Blitar kekurangan jagung karena pada bulan bulan tersebut masih pada masa tanam. Sehingga harga jagung relatif mahal. Oleh karena itu, tim TPID Kabupaten Blitar berinisiatif kerjasama dengan kabupaten Keerom dalam pengadaan jagung.

"Harapannya mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak yang ada di kabupaten Blitar. Sehingga peternak ayam telur tetap produktif," jelasnya.

Sementara itu, pengiriman jagung dari Kabupaten Keerom merupakan tindak lanjut dari kegiatan busines to busines antara Koperasi Putra Blitar dengan Koperasi Cahaya Tani Kabupaten Keerom.

"Untuk itu dengan adanya kerjasama ini semoga Kabupaten Blitar dan Kabupaten Keerom tetap kuat dan menyangga atau menopang. Semoga kerjasama ini bisa diperluas di bidang lain," tambah Budi.

Selain itu, Budi menuturkan, di masa pandemi Covid-19 ini semua sektor terkena dampak termasuk sektor perekonomian. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Blitar  agar ekonomi masyarakat tetap terjaga.

Kata dia, salah satu upaya pemerintah Kabupaten Blitar adalah menjaga produksi telur supaya tetap tersalurkan ke masyarakat yaitu dikemas melalui bantuan sosial Covid-19.

"Termasuk beras dan produk UMKM. Paket bansos yang disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 bekerja sama dengan Gapoktan dan UMKM juga peternak telur," ujar Budi yang mewakili Pemkab Blitar dalam penandatanganan kerja sama dengan Pemkab Keerom. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES