Peristiwa Daerah

Langganan Tiap Tahun, Desa Kademangan Jombang Kembali Direndam Banjir

Rabu, 02 Desember 2020 - 14:23 | 35.85k
Banjir di Desa Kademangan, Mojoagung Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Banjir di Desa Kademangan, Mojoagung Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Diguyur hujan semalaman Desa Kademangan di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang kembali terendam banjir. Setidaknya ada ratusan rumah dan sawah yang tergenang air.

Desa ini memang sudah menjadi langganan banjir setiap tahunnya, apalagi jika terjadi hujan lebat. Akibatnya, dua sungai besar yaitu Sungai Batak Banteng dan Sungai Pancir yang melalui desa ini meluap karena tak mampu menampung debit air.

Banjir-3.jpg

Martini (49), warga Dusun Kebondalem, mengatakan banjir ini disebabkan karena guyuran hujan deras dari kemarin malem mulai sekitar pukul 21.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

"Air mulai naik ke rumah sekitar pukul 03.00 pagi sebelum subuh itu," ujar ibu paruh baya ini kepada TIMES Indonesia, Rabu (2/12/2020).

Banjir kali ini, cukup tinggi yaitu mencapai dada orang dewasa atau kurang lebihnya 1,5 meter. Akibatnya, sekitar 190 di Desa Kademangan terendam banjir. Membuat sebagian warga mengungsi ke balai desa setempat.

Banjir--4.jpg

"Airnya tinggi kira-kira sedada orang dewasa, kami sekeluarga juga panik, membereskan barang yang bisa diselamatkan. Lampu sempat mati yang menambah kami semakin takut, kayaknya ada yang kesambar petir," beber Martini.

Martini, mengaku setiap kali hujan deras dirinya selalu kawatir dan takut terjadi banjir seperti ini. Ia berharap pemerintah segera membenahi tanggul di dua sungai tersebut agar tidak terjadi banjir yang menyebkan tergenang ke rumah-rumah warga lagi.

"Tiap kali hujan deras gini kami takut, semoga tanggul di sungai itu segera diperbaiki. Biar aman dan tidak terjadi banjir terus," pungkasnya.

Sementara itu Erwan Susanto, Kepala Kasun Kebondalam menjelaskan, beberapa warga yang mengungsi di balai desa dan posko sudah aman. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan relawan mengenai logistik untuk korban banjir ini," jelasnya.

Terlihat dari pantauan TIMES Indonesia, warga Desa Kademangan Kabupaten Jombang ini tengah sibuk membersihkan rumah dan beres-beres menyusul banjir yang melanda wilayahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES