Peristiwa Nasional

Rumah Zakat Bergerak Cepat Respon Bencana Gunung Semeru dan Ile Lewatolok

Rabu, 02 Desember 2020 - 13:37 | 96.56k
Relawan Rumah Zakat bersiaga di lokasi bencana erupsi gunung Merapi, Semeru, dan Ile Lewatolok. (FOTO: RZ for Times Indonesia)
Relawan Rumah Zakat bersiaga di lokasi bencana erupsi gunung Merapi, Semeru, dan Ile Lewatolok. (FOTO: RZ for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bencana alam erupsi terjadi hampir bersamaan di gunung Ile Lewatolok di kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur dan Gunung Semeru, Jawa Timur. Kabar tersebut kemudian membuat Rumah Zakat, sebagai salah satu Lembaga ZIS1 & Kemanusiaan langsung menerjunkan tim relawannya ke lokasi terdampak khususnya di titik-titik pengungsian.

Terhitung sejak Jumat (27/11/2020) Rumah Zakat mulai menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji dan juga alas tidur untuk pengungsi di Aula Ankara Kelurahan Lewoleba Timur Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata.

Relawan-Rumah-Zakat-2.jpg

Sementara itu, bertempat di pos KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Semeru Kecamatan Candipuro, Lumajang telah terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 2000 meter ke arah Besuk Koboan terekam dalam seismograf amak 20 mm lahar gempa pada Selasa (1/12/2020) kemarin.

Kepala Cabang Rumah Zakat area Jawa Timur, Listanto menerangkan, Rumah Zakat menurunkan lima relawan sekaligus untuk menuju lokasi bencana melakukan asesmen dan mendukung tenaga untuk kebutuhan dapur umum.

Relawan-Rumah-Zakat-3.jpg

"Rumah Zakat saat ini sedang siaga di gunung Merapi Jogja, gunung Ile Lewatolok dan gunung Semeru. Selain memberikan bantuan tenaga relawan, Rumah Zakat juga memberikan bantuan logistik dan kebutuhan selama bencana dan pasca bencana," ujarnya.

Listanto melanjutkan, bahwa relawannya akan berada di lokasi bencana sampai keadaan benar-benar telah kondusif.

Sementara kebutuhan mendesak sampai saat ini menurutnya adalah makanan siap saji, air bersih, masker, dan kelengkapan kebersihan lainnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Rumah Zakat mengajak pembaca untuk bersama membantu korban erupsi gunung Merapi, Gunung Semeru, dan Ile Lewatolok, melalui rekening donasi Bank Syariah Mandiri 701 551 824 8 atau Bank Mandiri 132000 491 974 5. Konfirmasi transfer WA 081330029898 atau melalui link donasi https://sharinghappiness.org/siagabencana(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES