Peristiwa Daerah

Pemkab Bondowoso Tingkatkan Kesejahteraan dengan Program Desa Melesat

Rabu, 02 Desember 2020 - 13:17 | 39.67k
Pelaksanaan FGD rencana meningkatkan kesejahteraan hingga tingkat desa di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Pelaksanaan FGD rencana meningkatkan kesejahteraan hingga tingkat desa di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Tingkat kemiskinan warga di Bondowoso, Jawa Timur khususnya di pedesaan masih sangat tinggi. Belum lagi ditambah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Dinas Sosial setempat berencana membangun desa melesat.

Pemerintah mulai melakukan kebijakan dan menggandeng beberapa pihak. Dengan strategi penanganan Pemerlu Pelayanan Kesehjateraan Sosial (PPKS), menuju desa melesat di Kabupaten Bondowoso. 

Kepala Dinsos, Amir Hidayat mengatakan,  upaya itu dilakukan setelah studi referensi di beberapa kota balai diklatnya Kementerian Sosial (Kemensos). 

"Saya berharap dapat membangun desa-desa melesat yang ada di Bondowoso untuk tahun 2021 mendatang," jelasnya.

Rencana ini pun mendapatkan masukan dari akademisi. Yaitu dosen Ilmu Kesehjateraan Sosial FISIP Universitas Jember, Budhy Santoso.

"Pembangunan kesehjateraan sosial dalam upaya mengurangi kemiskinan. Diperlukan usaha yang terencana dan melembaga," katanya.

Diantaranya, intervensi sosial, pelayanan sosial dan penguatan institusi sosial. Serta dapat memenuhi kebutuhan manusia, mencegah dan mengatasi masalah sosial.

"Pelaku intervensi harus memiliki knowledge, skill dan value. Dengan sasaran masyarakat lokal. Penerapannya adopsi hasil intervensi, aplikasi hasil intervensi, dan manfaat hasil intervensi. Dengan tujuan peningkatan taraf hidup masyarakat lokal,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Ady Kriesna mengatakan, pihaknya sudah berinisiatif membuat rancangan peraturan daerah (Raperda). 

"Ada empat Raperda inisiatif yang disusun oleh DPRD. Salah satunya Raperda mengenai penyelenggaraan kesehjateraan sosial di Bondowoso," katanya.

Menurutnya, penanganan permasalahan sosial dapat dikordinir. "Saya berharap raperda ini dapat menyentuh lebih luas. Dan kami akan selalu mendukung program dari Dnas Sosial Bondowoso,”  terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES