Kuliner

Yuk Cicipi Simimang, Durian Khas Banjarnegara

Rabu, 02 Desember 2020 - 08:26 | 115.45k
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan Sekda Indarto serta pejabat lain saat mencicipi buah durian Simimang yang lezat. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan Sekda Indarto serta pejabat lain saat mencicipi buah durian Simimang yang lezat. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARADurian Simimang dari Banjarnegara, Jawa Tengah sudah lama dikenal sebagai durian berkelas. Ciri khas durian ini, dagingnya tebal, warna kuning mengkilap, manis dan bijinya kecil.

"Satu lagi ciri khas durian jenis ini, yaitu durinya tidak runcing  seperti durian pada umumnya," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KP) Kabupaten Banjarnegara, Totok Setya Winarna, saat membuka audensi Bupati Banjarnegara dengan kelompok tani durian 'Mimang Jaya', Selasa (1/12/2020) di rumah dinas bupati.

Saat ini, jelas Totok, budi daya bibit durian Simimang berkembang pesat dan sudah merambah pasar hingga luar Pulau Jawa.

Turut hadir pada audiensi,  Sekda Banjarnegara Drs Indarto M Si, Kepala BPPKAD Dwi Suryanto S. Sos M Si dan Sugeng Pilihanto selaku ketua kelompok tani durian Mimang Jaya dari Desa Pekauman Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

Totok juga menyampaikan bahwa yang bergabung dengan kelompok tani durian Mimang Jaya mayoritas para pemuda tani millenial.

Generasi muda, katanya, sudah mulai sadar bahwa sektor pertanian adalah pekerjaan bergengsi yang banyak mendatangkan manfaat ekonomi.

mencicipi-buah-durian-Simimang-2.jpg

“Alhamdulillah, generasi muda kita memiliki semangat yang luar biasa untuk menjadikan komoditi pertanian durian Simimang menjadi salah satu produk unggulan Banjarnegara. Mereka memanfaatkan kemajuan IT untuk pemasaran, inilah yang kita harapkan,” imbuh Totok.

Bupati Budhi Sarwono usai mencicipi hasil panen perdana durian Simimang yang disuguhkan Klomtan Mimang Jaya mengaku cukup puas dengan rasa khas durian varian tersebut.

Menurut bupati, rasa durian Banjarnegara sudah tidak diragukan, tinggal fokus sisi marketingnya. Budhi Sarwono merasa bersyukur, buah unggulan terutama durian Banjarnegara telah dipatenkan, sehingga banyak membawa nilai positif untuk petaninya.

“Kami dulu memperjuangkan Durian Simimang, Kamun, dan Sambeng serta beberapa jenis yang lain untuk memperoleh hak paten, hal ini memiliki makna strategsi untuk proteksi produk sekaligus petani pengembangnya,” kata bupati.

Ia berharap, Durian Simimang bisa meningkat kelas dan kualitasnya agar bisa menjadi buah dengan standard mutu nasional bahkan internasional.

“Kuncinya hanya dua, pertama kualitas, kedua garap pasarnya. Sudah itu saja, silakan dikembangkan sendiri, baik buah maupun bibit durian sama-sama diminati pasar. Kami akan dukung sepenuhnya,” pungkas bupati.

Sugeng Pilihanto, ketua lompok tani durian  'Mimang Jaya' merasa optimis bisnis durian yang dikembangkan kelompok taninya memiliki prospek yang cerah.

Mimang Jaya tidak sekedar berbisnis buah, tapi juga menyediakan bibit unggul. Saat ini Klomtan Mimang Jaya dari Kecamatan Madukara memiliki lahan pembibitan sekitar 7.000 meter.

Adapun luas kebun durian yang sudah di tanami sekitar 4-5 hektare, Lahan tersebar di tiga lokasi. Lokasi pertama untuk pembibitan, sementara lokasi kedua dan ketiga untuk induk durian yang sudah cukup besar.

"Sekarang anggota kami mencapai 60 orang, yang sebagian besar generasi muda dari desa sekitar,” jelas Sugeng.

Untuk pemasaran, lanjut Sugeng, pihaknya mengandalkan jejaring dan promosi melalui internet dan kontak langsung.

Sugeng menjelaskan untuk bibit ukuran 150 cm telah tersedia 3.000 bibit. Sementara ukuran 100 cm -130 cm telah tersedia 2.000 bibit, dan yang 30-50 cm siap 11.000 bibit.

Bibit  Durian Simimang telah menyebar ke berbagai penjuru wilayah seperti Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Lampung dan berbagai daerah di Jawa. "Kedepan, kami ingin menyelenggarakan Festival Durian yang spektakuler di Banjarnegara," kata Sugeng  ketua kelompok tani (Klomtan) Mimang Jaya Desan Pekauman, Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES