Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Angka Positif Covid-19 Meningkat, Menko Luhut Rakor Bersama Gubernur Jawa Tengah

Selasa, 01 Desember 2020 - 21:12 | 35.02k
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: maritim.go.id)
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: maritim.go.id)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Menko Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Koordinasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dilaksanakan secara virtual, Selasa (1/12) mengungkapkan angka positif di Semarang, Kudus, Surakarta, Pati, dan Kudus agak naik dalam tujuh hari terakhir.

"Kini Kota Semarang memiliki kasus tertinggi di Jawa Tengah sebanyak 12.019 kasus dengan tingkat kematian tertinggi hingga 751 orang," ucap Menko Luhut.

Melihat kecenderungan tersebut, Menko Luhut minta agar Pemprov Jateng meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan sehingga pasien dapat dipantau secara optimal.

“Seperti di wisma atlet, pasien bergejala awal dan ringan cepat ditangani dan diisolasi sehingga mencegah kondisi gawat yang menyebabkan kematian,” ujarnya.

Menko Luhut khawatir, bila pasien yang sudah terkonfimasi positif tidak segera diisolasi justru akan menularkan kepada keluarga terdekat sehingga menjadi klaster keluarga.

“Tolong Pak Ganjar (Gubernur Jateng) dan Wali Kota yang kasusnya tinggi segera perbanyak fasilitas isolasi mandiri terpusat berkoordinasi dengan BNPB, nanti dananya dibantu mereka,” tegas Menko Luhut.

Selain itu, Menko Luhut meminta agar Pangdam Diponegoro dan Kapolda membantu Gubernur Jawa Tengah untuk melakukan sosialisasi terus-menerus kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan. “Tolong bantu juga untuk mendorong supaya mereka yang kena atau positif segera ke tempat isolasi. Tidak usah malu,” tandas Menko Luhut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES