Peristiwa Daerah

Semburan Gas Liar Makin Mengkhawatirkan, BPBD Indramayu Gandeng Pertamina

Selasa, 01 Desember 2020 - 20:39 | 43.74k
Petugas PT Pertamina saat meninjau lokasi semburan gas di Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Petugas PT Pertamina saat meninjau lokasi semburan gas di Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Indramayu (BPBD Indramayu) dan Pertamina merencanakan pemasangan pipa di lokasi semburan gas liar yang berada di Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya mengungkapkan, pipa tersebut nantinya akan mengalirkan gas ke ladang minyak milik PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field.

Menurutnya, semburan gas liar yang meresahkan masyarakat tersebut bisa lebih bermanfaat. Karena itu, pihaknya meminta persetujuan pemilik tanah untuk rencana pemasangan pipa.

"Hari ini kita rapat di Kecamatan Tukdana untuk minta persetujuan pemilik tanah ," ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Seperti yang diketahui, fenomena semburan gas liar kembali terjadi di wilayah Desa Sukaperna Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Semburan gas tersebut kini semakin mengkhawatirkan, karena semburannya mirip seperti air mancur yang memancarkan gas dan air ke udara. Bahkan, semburan tersebut menimbulkan bunyi kencang seperti kompor gas, atau pesawat yang sedang lewat.

Masyarakat pun sempat merasa khawatir dengan fenomena semburan gas yang semakin kencang. Pasalnya, lokasi semburan gas  berada di dekat pemukiman warga. Selain itu, dikhawatirkan akan terjadi ledakan dan merusak tanaman padi yang berada di sekitar semburan gas.

Untuk itulah BPBD Indramayu dan Pertamina merencanakan pemasangan pipa di lokasi semburan gas liar demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di lapangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES