Peristiwa Daerah

KPU Kota Blitar Tunggu Hasil Swab Test 14 Petugas KPPS dan Linmas

Selasa, 01 Desember 2020 - 17:47 | 48.16k
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar (KPU Kota Blitar) saat masih menunggu hasil swab test dari 14 petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (petugas KPPS) dan Linmas di Pilwali Blitar 2020 yang dinyatakan reaktif rapid test. 

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan dari 14 petugas yang reaktif rapid test itu, 13 orang petugas KPPS dan satu orang petugas Linmas. 

"Dari hasil rapid test 2.331 petugas KPPS dan Linmas, ada 14 orang yang dinyatakan reaktif. Mereka sudah menjalani tes swab, kami masih menunggu hasilnya," kata Ketua  Umam, Selasa (1/12/2020). 

Umam menguraikan, jika hasil swab test para petugas tersebut dinyatakan positif, maka KPU memastikan para petugas KPPS dan Linmas tidak boleh bertugas pada hari H pemungutan suara. 

"Jika hasil tes swab positif, kami menyerahkan penanganan protokol kesehatannya ke Satgas Covid-19," jelasnya.

Tetapi, KPU tidak akan mengganti petugas KPPS yang dinyatakan positif Covid-19. Menurut Umam, tugas KPPS yang dinyatakan positif Covid-19 akan diambil alih oleh petugas KPPS lainnya. 

"Begitupun , jika hasil tes swab dinyatakan negatif, maka petugas yang bersangkutan langsung bertugas saat pelaksanaan pemungutan suara," tambahnya.

Selain petugas KPPS dan Linmas, KPU Kota Blitar juga akan melakukan rapid test kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rapid test tersebut dilaksanakan sebelum pelaksanaan pemungutan suara. "Kami berharap hasil rapid test petugas PPS dan PPK tersebut non reaktif. Sehingga proses pemungutan suara akan berlangsung lancar," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES