Peristiwa Daerah

Laksanakan GN-KPA, BBWS Tanam Pohon dan Pasang Biopori

Selasa, 01 Desember 2020 - 17:25 | 38.37k
Kepala BBWS, Dr Ir M Rizal MSi dan Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM saat menanam pohon. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)
Kepala BBWS, Dr Ir M Rizal MSi dan Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM saat menanam pohon. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)

TIMESINDONESIA, BATU – Memperingati Hari Bhakti PUPR ke-75 dan melaksanakan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) menggelar acara penanaman pohon dan pemasangan Biopori di Wisata De Berran Beji, Junrejo, Kota Batu, Jatim, Selasa (1/12/2020).

Sedikitnya 100 Biopori dan 250 bibit pohon beragam jenis ditanam di Wisata De Beran yang memiliki 5 mata air ini. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BBWS, Dr Ir M Rizal MSi dan Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM.

Menurut Rizal banyak daerah yang banjir dikarenakan kehilangan daerah resapan air. Karena itu, melalui gerakan ini, BBWS Brantas menggelar kegiatan penanaman pohon dan pemasangan Biopori.

Rizal-MSi--Punjul-Santoso-SH-MM-2.jpg

“Gerakan ini sangat penting, karena sepanjang tahun mengalami musim hujan yang curah hujannya tinggi. Karena kita tidak mengelola atau menjaga daerah tangkapan air, pohon-pohon banyak ditebangi, sampah dibuang ke sungai hingga mengurangi kualitas lingkungan. Ketika hujan sering banjir, ketika kemarau sering kekeringan karena wilayah tangkapan air berkurang,” ujar Rizal.

Karena itu, dilakukan penanaman pohon dan pemasangan biopori sebagai tempat infiltrasi air atau rembesan air.

Rizal-MSi--Punjul-Santoso-SH-MM-3.jpg

Hal senada dikemukakan oleh Punjul Santoso, ia mengatakan bahwa dulu banyak yang beranggapan Kota Batu tidak mungkin banjir karena kontur tanahnya. Namun karena tidak kurang dalam merawat lingkungan, akhirnya pernah beberapa kali terjadi banjir besar di Kota Batu.

Melihat itu Pemerintah Daerah merespons dengan melakukan penanaman 10 ribu pohon, bulan Desember ini, Pemkot Batu berencana menanam 1000 pohon di sekitar Sumber Air. Ia jugamengajak seluruh masyarakat Kota Batu untuk menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, menciptakan lingkungan yang asri dan bersama-sama mencegah banjir.

“Kalau warga Kota Batu tidak mau merawat lingkungannya, bukan hanya warga Batu yang sengsara tapi setiap hari bisa-bisa Kota Malang banjir,” ujarnya saat acara penanaman pohon dan pemasangan Biopori yang digelar BBWS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES