Indonesia Positif

Cegah Abrasi Sungai Cikamangi, Warga dan TNI Gotong Royong Bangun Tanggul Karung Pasir

Selasa, 01 Desember 2020 - 17:07 | 65.92k
Warga bersama TNI Koramil 1711/Sumberjaya, melaksanakan kerja bakti bangun tanggul karung pasir untuk mencegah abrasi sungai semakin meluas. (FOTO: dok Kodim Majalengka for TIMES Indonesia)
Warga bersama TNI Koramil 1711/Sumberjaya, melaksanakan kerja bakti bangun tanggul karung pasir untuk mencegah abrasi sungai semakin meluas. (FOTO: dok Kodim Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Tiga rumah warga di Desa Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terancam ambruk yang disebabkan oleh abrasi sungai Cikamangi yang semakin meluas.

Dalam mencegah hal tersebut anggota TNI bersama masyarakat melakukan gotong royong membangun tanggul darurat untuk mencegah abrasi.

kerja-bakti-bangun-tanggul-karung-pasir-2.jpg

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1711/Sumberjaya, Kapten Caj Murta mengatakan, aksi gotong royong yang dilakukan warga bersama anggota TNI ini untuk mencegah abrasi, pasalnya jika tidak dibuatkan tanggul darurat bisa mengancam keselamatan warga sekitar.

"Tanggul darurat dibuat dengan  menggunakan karung pasir," katanya, Selasa (1/12/2020).

kerja-bakti-bangun-tanggul-karung-pasir-3.jpg

Caj Murta juga mengimbau kepada masyarakat, terutama yang berada dekat dengan lokasi abrasi sungai agar tetap waspada dan berhati-hati, mengingat cuaca masih ekstrim.

Kepala Desa Bongas Kulon, Jaenudin menjelaskan abrasi terjadi akibat aliran deras sungai Cikamangi yang meluap akibat hujan deras yang terus mengguyur di wilayah tersebut, sehingga meruntuhkan tanah di sisi sungai. Abrasi juga menyebabkan sedikitnya tiga rumah terancam ambruk. "Untuk sementara hari ini kita perbaiki seadanya, kami berharap ada bantuan dari pemerintah untuk mengantisipasi persoalan ini, agar abrasi semakin tidak meluas," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES