Peristiwa Daerah

Kapolda Malut Mengikuti Upacara HUT ke-70 Polairud Secara Virtual

Selasa, 01 Desember 2020 - 14:31 | 37.21k
Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin mengikuti upacara HUT ke-70 Polairud secara virtual (FOTO: Dok Humas Polda Malut)
Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin mengikuti upacara HUT ke-70 Polairud secara virtual (FOTO: Dok Humas Polda Malut)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Tepat hari ini Selasa 1 Desember 2020, Kepolisian Perairan dan Udara genap berusia 70 tahun (HUT ke-70 Polairud), sejak Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal 14 Maret 1951 soal penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung mulai 1 Desember 1950.

Awal berdirinya Polisi Perairan itu hanya bermodalkan sebuah kapal "Angkloeng", dan diakhir tahun 50-an barulah jumlah kapal yang dimiliki bertambah hingga mencapai 35 buah. Sementara Polisi Udara hanya memiliki sebuah pesawat Cessna-180.

Dalam memperingati HUT Korps Polairud Polri yang ke-70 tahun kali ini, Korps Polairud  melaksanakanya dengan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berada di tengah pandemi covid-19, sehingga pelaksanaan upacara HUT Polairud di lakukan secara virtual melalui zoom meeting yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, Senin (1/12/2020).

Kapolda-Malut-Irjen-Pol-Risyapudin-Nursin-2.jpg

Kegiatan Upacara secara virtual ini diikuti oleh seluruh Polda Jajaran, termaksud Polda Maluku Utara (Malut) dalam hal ini Direktorat Polairud Polda Malut yang dilaksanakan di Aula Kieraha Polda Maluku Utara. Hadir dalam acara ini Kapolda Malut Irjen (Pol) Risyapudin Nursin, Dir Polairud Polda Malut Kombes (Pol) RD. Djarot Agung Riadi dan 5 Perwira Dit Polairud Polda Malut. Kegiatan ini menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Kapolri Idham Azis dalam amanatnya menyampaikan institusi kepolisian perairan dan udara merupakan organisasi yang kuat yang didukung oleh personel yang memiliki keahlian khusus serta almatsus, perlengkapan serta sarana dan prasarana pendukung yang modern.

"Dengan kapasitas tersebut, selama tahun 2020 ini beberapa capaian keberhasilan telah diraih oleh jajaran kepolisian perairan, dimulai dari kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hukum," kata Kapolri.

Dalam bidang kegiatan preventif lanjut Kapolri ada beberapa inovasi dan terobosan kreatif telah dilakukan guna peningkatan pelayanan publik dan mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan pada masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan. Kegiatan tersebut berupa penanaman bibit mangrove dan tebar benih ikan yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 ini, dalam bidang preventif pencapaian paling membanggakan dari Polairud yaitu masuk dalam top 45 dari 2.250 peserta kopetensi pelayanan publik yang diselengarakan oleh Kemenpan-RB.

Tak hanya itu. dalam bidang Penegakan Hukum Polairud Mabes serta jajarannya tahun 2020 ini telah mengungkap kasus tindak pidana di laut sebanyak 617 Kasus menonjol, diantaranya pengungkapan penyelundupan 38.500 botol Miras Ilegal berbagai merek di Bangka Belitung, penyeludupan tindak pidana Narkotika jenis Sabu sebanyak 7 Kg di kepualauan Riau dan masih banyak lagi tindak pidana yang diungkap Direktorat Perairan dan Udara.

Tema yang diusung pada Peringatan HUT ke-70 Polairud ini adalah "Dengan semangat promoter polairud siap mengamankan pilkada 2020 dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Diharapkan mampu mendukung pengamanan dalam pendistribusian kotak suara dan pergeseran pasukan diwilayah kepulauan yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat, tingkatkan kualitas, kuantitas, lakukan terobosan kreatif dan jadilah contoh yang baik bagi keluarga, lingkungan dan institusi Polri," ucap Kapolri Idham Azis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES