Peristiwa Daerah

Unik, Balai Desa Dadapan Dibuat Mirip Istana Merdeka

Selasa, 01 Desember 2020 - 07:10 | 188.20k
Kondisi Balai Desa Dadapan yang mirip dengan Istana Negara RI. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)
Kondisi Balai Desa Dadapan yang mirip dengan Istana Negara RI. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Wow..... Ada bangunan mirip Istana Merdeka di Pacitan, Jawa Timur. Ya, gedung Balai Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, dibangun dengan tiang-tiang besar dan bercat putih yang sekilas menyerupai Istana Merdeka yang ada di Jalan Merdeka, Jakarta Pusat.

Kepala Desa Dadapan, Ismono kepada TIMES Indonesia mengatakan, pembangunan balai desa mirip Istana Merdeka berawal dari pelebaran jalan nasional Pacitan-Wonogiri. Sebagian tanah di depan kantor desa setempat terpotong. Maka, agar mudah aksesnya, dibuatlah tangga, yang kebetulan berjumlah 17 anak tangga.

Balai Desa Dadapan 2

"Renovasi dilakukan sejak 2015. Awalnya karena ada pelebaran jalan sehingga tanah depan balai desa kena dampaknya. Lha agar warga mudah ke balai desa, dibuatlah tangga," katanya, Selasa (01/12/2020).

Dari tangga tersebut, banyak masyarakat yang mengatakan saat melintas depan Kantor Desa Dadapan mengatakan mirip tangga Istana Merdeka.

"Lalu saya sesuaikan bangunannya seperti Istana Merdeka, dengan luas tanah 12×30 meter, menggunakan dana dari Alokasi Dana Desa (ADD), selama dua tahun sebesar Rp 130 juta," tambahnya.

Selebihnya ditambah dana dari sumbangan masyarakat Desa Dadapan yang sukses menjadi pengusaha secara sukarela. Ini sekaligus menjadi salah satu bukti kecintaan mendorong ikon desa setempat.

"Saya datangi mereka satu-satu untuk membantu secara sukarela, alhamdulillah berjalan lancar sehingga saat Hari Raya Idul Fitri mereka datang dan sangat senang, bahkan mereka berebut membantu kekurangannya," jelasnya.

Balai Desa Dadapan 3

Ismono, bersyukur berkat bagunan tersebut Desa Dadapan saat ini menjadi lebih maju dan dikenal masyarakat luas, tak hanya Pacitan tapi juga nasional.

"Dadapan ini kan pecahan dari Desa Poko, sebelumnya tidak dikenal masyarakat dengan adanya bagunan ini menjadi ikon baru dan dikenal masyarakat luas," tuturnya.

Apalagi ditunjang dengan adanya wisata Bukit Sentono Gentong, Desa Dadapan menjadi perbincangan publik. Dia berharap ke depan menjadi desa mandiri sehingga masyarakatnya lebih sejahtera.

"Kalau total keseluruhan menghabiskan dana Rp 1,3 miliar, alhamdulillah banyak yang menyumbang. Bersyukur sekali dari desa tertinggal loncat menjadi desa maju," jelasnya.

Sejak dibagunnya Balai Desa Dadapan, banyak pengunjung datang untuk berfoto karena menarik seperti Istana Merdeka. Di atas bangunan juga terdapat lambang garuda dan bendera merah putih. Penasaran? ayo ke Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES