Kesehatan

Cegah Kekurangan Energi Kronis pada Ibu Hamil, Dinkes Bontang Beri Perhatian Khusus

Selasa, 01 Desember 2020 - 00:32 | 296.48k
Ilustrasi - Ibu Hamil (FOTO: Freepik/drobotdean)
Ilustrasi - Ibu Hamil (FOTO: Freepik/drobotdean)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Untuk mencegah Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil, Dinkes Kota Bontang beri perhatian khusus meski disaat pandemi Covid-19.

Diungkapkan Kasi Layanan Gizi Dinkes Bontang Nur Asma, KEK merupakan kelelahan luar biasa yang menyebabkan penderitanya merasa tidak sehat dan tetap merasa lelah meski sudah beristirahat.

KEK pada ibu hamil dapat berisiko menyebabkan beberapa kondisi bayi lahir dengan berat badan rendah,kekurangan nutrisi yang parah juga bisa saja menyebabkan ibu hamil keguguran. Ibu hamil mengalami preeclampsia.

“Fokus layanan untuk ibu hamil KEK akan mendapatkan pemantaun selama tiga bulan berturut turut, karena potensi gizi buruk dan stunting harus dilakukan upaya pencegahan pada masa hamil,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Kurang-Gizi-buat-remaja-kurang-energi.jpg

Dia menambahkan, pihaknya akan fokus pada pembinaan perilaku pola asuh ibu hamil dan menyusui.

“Ibu hamil kadang abai, cek rutin untuk mengetahui perkembangan janin masih dianggap tidak terlalu penting,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau kepada ibu hamil dan menyusui agar intens berkomunikasi dengan pihak kader posyandu ataupun puskesmas agar rutin mendapatkan kunjungan. Hal ini berguna untuk mengindentifikasi KEK pada ibu hamil.

Ibu hamil harus menjaga pola makan dengan baik, Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

“Meski dalam kondisi pandemi, ibu hamil jangan takut ya untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan. Pastikan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan,” imbau Kasi Layanan Gizi Dinkes Kota Bontang Nur Asma. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES