Kesehatan NKRI Lawan Corona

Cegah Penyebaran Covid-19, Dinkes Bontang Ajak Masyarakat Pakai Masker dengan Benar

Senin, 30 November 2020 - 20:10 | 111.24k
Imbauan untuk memakai masker degan benar (Foto: dok Dinas Kesehatan Bontang)
Imbauan untuk memakai masker degan benar (Foto: dok Dinas Kesehatan Bontang)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, BONTANG – Pandemi Covid-19 masih melanda seluruh penjuru dunia. Termasuk di Kota Taman. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bontang (Dinkes Bontang), per 29 November jumlah kasus mencapai 1.362. Adapun kasus aktif yang saat ini mendapat perawatan sejumlah 167.

Dinkes Bontang menyebut angka kasus aktif bersifat flutuaktif tiap harinya. Sebab itu, pentingnya patuh terhadap protokol kesehatan. Sebagai jurus ampuh untuk menangkal penyebaran virus corona. Salah satunya dengan memakai masker yang benar.

Kepala Dinkes Bontang, dr Bahauddin menjelaskan masih ada masyarakat yang bersikap acuh. Umumnya mereka memakai masker tidak sesuai dengan ketentuan. Termasuk menggunakannya untuk menutupi dagu.

“Ketika saya berkunjung di salah satu swalayan di Tanjung Laut, pelayannya masih ada yang memakai masker tidak tepat. Maka saya tegur untuk kebaikan bersama,” kata Bahauddin.

Kementerian Kesehatan merilis ada lima tipe orang memakai masker yang tidak tepat. Pertama terdapat kondisi longgar dengan celah di bagian samping saat masker terpasang. 

Selajutnya terdapat tipe orang yang membiarkan dagunya terbuka dari masker. Sehingga resiko terpapar masih bisa terjadi.

Paling parah ialah memasang masker di bawah hidung. Situasi ini membuat hidung bisa menghirup virus yang masuk melalui droplet orang lain. Dilarang pula mengenakan masker hanya menutupi ujung hidung pada bagian atas masker. Larangan juga berlaku bagi orang yang memakai masker hanya sebagai hiasan leher. Tepatnya di bawah dagu. 

“Pastikan batang hidung dan bagian bawah dagu terlindungi. Kencangkan kaitan agar masker pas di wajah. Tanpa adanya celah. Ini petunjuk yang tepat,” ungkap Kepala Dinkes Bontang, dr Bahauddin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES