Kuliner

Mencicipi Segarnya Rujak Kelang Khas Pesisir Pantai Branta Pamekasan

Selasa, 01 Desember 2020 - 01:28 | 505.40k
Rujak Kelang Khas Pamekasan, di Pesisir Pantai Branta Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Rujak Kelang Khas Pamekasan, di Pesisir Pantai Branta Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANRujak Kelang khas Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur ramai dikunjungi banyak orang baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat Pamekasan pada umumnya.

Biasanya makanan tersebut dijual dekat dengan pantai di Kabupaten Pamekasan seperti di Desa Branta, Kecamatan Tlanakan.

Rujak Kelang tersebut terkenal bukan karena namanya melainkan karena rasanya yang bikin nikmat di lidah. Selain itu, makanan khas Pamekasan ini bikin orang ketagihan karena di rujak tersebut ada ikannya yang masih segar.

Rujak ini mempunyai penampakan yang unik dari rujak pada umumnya yang tersebar di berbagai daerah. Hal itu yang membuat orang-orang luar Pamekasan penasaran dengan Rujak khas Desa Branta ini.

Pada dasarnya rujak kelang ini tidak jauh beda dengan rujak pada umumnya hanya saja yang menjadikan rujak ini khas ia dibumbui dengan ikan laut, sehingga dengan selera pembeli jadi bertambah.

Menurut Fat, salah satu penjual Rujak Kelang, Istilah kelang itu bukan nama yang disebabkan karena ada tambahan ikannya, tapi karena air rebusan ikan yang dijadikan sambal rujaknya.

"Perbedaan rujak kelang dengan rujak yang lain Itu karena ada tambahan ikannya, tapi bukan karena ada ikannya sehingga disebut rujak kelang, tapi karena air rebusan ikan yang dijadikan sambal," paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembeli tidak hanya dari Pamekasan saja akan tetapi dari luar Pamekasan juga banyak. "Biasanya anak-anak muda seperti mahasiswa," imbuhnya

Hanisah, salah satu pelanggan Rujak Kelang mengaku sudah berkali-kali membeli rujak kelang khas Desa Branta tersebut

"Banyak juga teman-teman di kampus ngomongin rujak kelang ini, sehingga saya mampir ke tempat tersebut. Ternyata rasanya memang enak," ungkap salah satu mahasiswa IAIN Madura ini.

Harga setiap porsi rujak kelang ini Rp 15.000. Seporsinya terdiri dari Ikan, rumput laut, siwil. Rujak khas Pesisir Branta Kabupaten Pamekasan ini juga dilengkapi gorengan, aneka macam buahseperti mentimun, kedondong, mangga, Tak lupa guyuran sambalnya yang kental dengan aroma khas ikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES