Politik Pilkada Serentak 2020

Persada Yakin Sosok Nasionalis Religius Akan Pimpin Sidoarjo

Senin, 30 November 2020 - 15:39 | 40.59k
Penganut Persatuan Sapta Darma (Persada) saat melakukan pertemuan membahas Pilkada Sidoarjo. (Foto dokumen Persada)
Penganut Persatuan Sapta Darma (Persada) saat melakukan pertemuan membahas Pilkada Sidoarjo. (Foto dokumen Persada)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Penganut Persatuan Sapta Darma (Persada) mengamati jika Pilbup Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang akan menghadirkan tokoh pemimpin yang visioner dan mampu merangkul semua golongan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Litbang Persada Pusat Dr Otto Bambang Wahyudi. Ia mengatakan ada sosok yang jelas mengilhami pengamatan batinnya terhadap Pilbup Sidoarjo mendatang.

Sosok tersebut, selain visioner juga memiliki karakter yang mampu diterima berbagai kalangan, baik golongan nasionalis maupun religius. "Saya tidak sebutkan namanya, itu mendahului kenyataaan. Tapi yang pasti itu sosok  nasionalis religius," kata Dr Otto, Senin (30/11/2020).

Otto menjelaskan jika harapannya kedepan terhadap pemimpin baru Sidoarjo ialah ruang ekspresi bagi penghayat kepercayaan.

Pihaknya yakin, kelompoknya tersebut ke depan dapat berkembang dan eksis jika terjadi kerukunan antar semua elemen masyarakat. Tanpa rasa curiga mencurigai dalam hal apapun dan berpikirnya tidak negatif.

"Karena prinsipnya, kelompok penghayat hanya memiliki kaitan dengan hubungan sesama manusia. Sementara hubungan dengan Tuhan kembali ke pribadi masing-masing," jelas Otto yang juga dosen pasca sarjana Universitas Dr Soetomo.

Lebih jauh Otto mengungkapkan  jika keberadaan penghayat kepercayaan mendapat perhatian dari pemerintah. Sehingga eksistensi penghayat kepercayaan tidak seolah-olah sendiri.

"Contohnya suroan, sebagai hari besar penghayat kepercayaan kami ingin diberi kesempatan untuk mengekspresikan perayaan tersebut," pungkas Otto menyebutkan opininya tentang sosok pemimpin yang bakal memenangi Pilbup Sidoarjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES