Politik Pilkada Serentak 2020

Pemuda Pancasila Sebut Ada Kejanggalan Iklan Kampanye KPU Banyuwangi

Senin, 30 November 2020 - 13:48 | 52.46k
Zamroni SH, Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Zamroni SH, Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Banyuwangi, kirim surat klarifikasi kepada Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Parmas Sosdiklih) KPU Banyuwangi, Jawa Timur, Dian Purnawan.  Surat tersebut terkait dugaan kejanggalan dalam proses pemilihan dan penetapan penyedia iklan kampanye Pilbup Banyuwangi 2020.

“Langkah ini adalah upaya kami dalam mendorong terciptanya keterbukaan informasi publik, mewujudkan lembaga pemerintah yang bersih dari penyalah gunaan jabatan dan wewenang serta praktik korupsi,” ucap Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi, Zamroni SH, Senin (30/11/2020).

Sekaligus, lanjutnya, sebagai bukti sinergitas ormas Pemuda Pancasila dengan program pemerintah dan Presiden Joko Widodo.

Disebutkan, dari data media cetak, televisi dan radio yang telah dipilih oleh KPU Banyuwangi, sebagai penyedia iklan kampanye, terdapat beberapa kejanggalan. Rawan terjadi praktik penyalah gunaan jabatan yang tidak menutup kemungkinan dapat membuka celah korupsi atau pengkondisian.

“Diantaranya ada nama radio yang disinyalir radio komunitas, ada juga radio yang selama ini diketahui masyarakat siaran hanya lagu – lagu tapi masuk dalam penyedia iklan kampanye. Belum lagi lainnya,” ungkap Zamroni.

Disisi lain, dalam pelaksanaan iklan kampanye Pilkada banyuwangi, terdapat uang negara yang dialirkan. Untuk itu, Pemuda Pancasila meminta Komisioner KPU Banyuwangi, Divisi SDM, Parmas Sosdiklih, bisa memberikan klarifikasi sebagai bentuk keterbukaan informasi.

Diantaranya tentang kriteria dan dasar yang digunakan KPU Banyuwangi, dalam menentukan serta memilih penyedia iklan kampanye. Dasar dalam menentukan besaran nominal atau satuan harga masing – masing penyedia iklan kampanye.

Dan jumlah besaran rupiah yang dialirkan KPU Banyuwangi, kepada masing – masing penyedia iklan kampanye Pilbup Banyuwangi.

“Surat sudah kita kirim, itu kan hanya sebatas klarifikasi data publik, saya yakin KPU Banyuwangi, akan segera memberikan klarifikasi tertulis kepada kami,” ungkap Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi.

Untuk diketahui, selain dikirim langsung kepada Divisi SDM, Parmas Sosdiklih KPU Banyuwangi, Dian Purnawan, surat klarifikasi MPC Pemuda Pancasila ini juga ditembuskan kepada Ketua KPU Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES