Pendidikan

Kursus Bahasa Indonesia Banyak Diminati di Pameran Expolingua

Senin, 30 November 2020 - 11:49 | 42.71k
Pameran Expolingua yang berlangsung di Berlin, Jerman. (Foto: Dok. Iwa Sobara)
Pameran Expolingua yang berlangsung di Berlin, Jerman. (Foto: Dok. Iwa Sobara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Republik Federal Jerman kembali menggelar Pameran Bahasa, Pendidikan dan Kebudayaan Internasional terbesar di Jerman, Expolingua. Pemeran ke-33 ini merupakan agenda rutin, yang tahun ini berlangsung pada 18–21 November 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kondisi pandemi membuat Expolingua berlangsung secara daring. Sebelum masa pandemi, Expolingua biasanya diselenggarakan di Friedrichstraße 176-179. Pengunjung dari berbagai kalangan dari penjuru Eropa bahkan dunia memanfaatkan acara pameran ini untuk mengumpulkan informasi seputar bahasa dan budaya.

z

Rangkaian pameran ini dimulai pada 19 November 2020, seperti tahun-tahun sebelumnya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Republik Federal Jerman turut serta pada acara ini dengan memberikan kursus bahasa Indonesia.

Sebanyak 50 peserta ikut bagian pada kursus berdurasi 45 menit ini. Pengajar Bahasa Indonesia yang memberikan kursus singkat ini adalah Iwa Sobara. Seorang kandidat doktor di Technische Universität Berlin yang juga ditugaskan untuk mengajar bahasa Indonesia di Rumah Budaya Indonesia Berlin.

Dalam pemaparan, Iwa menjelaskan bagaimana cara menyapa dan memperkenalkan diri serta mengeja abjad dalam bahasa Indonesia dengan seksama dipelajari oleh semua peserta kursus. Metode interaktif dengan cara mengajak para peserta kursus mengikuti kuis atau berlatih mandiri cukup jitu digunakan.

Peserta berasal dari berbagai kota di Jerman seperti Berlin, Leipzig, Passau, Köln, Karlsruhe, Erkner (Brandenburg), Aalen (Baden-Württemberg), Würzburg, Szczucin (Polandia), Louvain-La-Neuve (Belgia), bahkan ada yang dari Raleigh, North Carolina, AS.

"Kebanyakan dari peserta belum pernah pergi ke Indonesia dan belajar bahasa Indonesia pada acara ini untuk pertama kalinya," kata pria yang juga Dosen Jurusan Sastra Jerman UM.

Selain kursus Bahasa Indonesia, para pengunjung Expolingua juga dapat mengikuti 66 kegiatan daring lainnya, seperti Kursus Bahasa Mandarin, Arab, Prancis, Jepang, Spanyol, Portugis, Malayu, Rusia, dan lain-lain.

Pameran ini juga mempresentasikan tentang studi atau magang di luar negeri, semiloka tentang belajar daring, bagaimana memberikan presentasi yang baik, info mengenai profesi penerjemah, atau tips and tricks,  untuk belajar bahasa secara daring lebih baik.

Selain kursus Bahasa Indonesia, KBRI juga memberikan konsultasi dengan format e-chatting room selama pameran Expolingua berlangsung. Kursus ini dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang kegiatan kursus Bahasa Indonesia di RBI Berlin dan membantu menciptakan image positif tentang Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES