Kesehatan

5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Senin, 30 November 2020 - 10:40 | 47.50k
Olahraga rutin, salah satu tips untuk menjaga imunitas tubuh saat pandemi Covid-19. (Foto: suara.com)
Olahraga rutin, salah satu tips untuk menjaga imunitas tubuh saat pandemi Covid-19. (Foto: suara.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Kondisi ini membuat kita harus terus menjaga imunitas tubuh karena bisa meningkatkan sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh. 

Imunitas bisa bermanfaat untuk melawan virus dan penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Imunitas bisa mengurangi risiki tertular Covid-19 dan penyakit lainnya. 

Ada lima cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh kita, simak yuk

1. Jaga Pola Makan 

Konsumsi makanan kita bisa mempengaruhi sistem imunitas dalam tubuh. Tentu, kita dapat menjaga pola makan dengan cara konsumsi sayur dan buah, batasi asupan gula, garam dan lemak. Tak hanya itu, air putih yang cukup juga berpengaruh dalam imunitas tubuh.

2. Olahraga Rutin

Aktifitas berolahraga dapat meningkatkan daya tubuh, tapi ini harus dilakukan secara rutin meski anda hanya melakukan di rumah. Ada beberapa olahraga yang baik untuk meningkatkan daya tubuh terutama yang memacu detak jantung seperti berlari, bersepeda, berenang dan aktifitas olahraga yang lain.

Durasi anda berolahraga juga mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Paling efektif adalah berolahraga 50-60 menit dan dilakukan lima dalam seminggu. 

3. Sinar Matahari untuk Berjemur

Berjemur pada pagi hari bagus untuk tubuh kita terutama bisa menyerap vitamin D dari sinar matahari. Seperti diketahui, vitamin D bisa meningkatkan imunitas, meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan mencegah infeksi pada tubuh kita.

Ingat, waktu yang tepat untuk berjemur adalah pukul 08.00-09.00 saat pagi hari. Pada jam tersebut, sinar matahari menghasilkan vitamin D. Sementara pada pukul 10.00-13.00 matahari menghasilkan sinar UVB Ultraviolet yang tidak baik untuk kulit.

4. Lakukan Kegiatan Produktif

Kegiatan produktif dengan tujuan menyibukkan diri secara tidak langsung dapat meningkatkan imunitas. Sebab dengan kegiatan produktif dapat menurunkan tingkat stres. Apalagi penyebab tidak stabilnya imunitas dalam tubuh adalah stres.

Saat di rumah seperti sekarang anda masih bisa melakukan kegiatan produktif. Seperti berolahraga, berkebun, menonton program edukatif, membersihkan rumah dan kegiatan lainnya. 

5. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup sudah menjadi upaya yang mudah untuk dilakukan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Sebab apabila tubuh beristirahat dengan cukup maka antibodi juga akan meningkat. Antibodi berfungsi untuk menjaga tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus. 

Istirahat yang cukup juga bisa menurunkan tingkat stres dalam diri. Tidur yang cukup 7-9 jam sehari juga membantu meningkatkan imunitas. 

Bagaimana dengan tips menjaga imunitas tubuh ini? Bisa dicoba ya agar kita selalu sehat dan terhindari dari penularan Covid-19.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES