Peristiwa Nasional

Gunung Semeru Meletus, Pendakian Ditutup Total Untuk Sementara Waktu

Senin, 30 November 2020 - 07:00 | 105.93k
Kawah Gunung Semeru muntahkan lava pijar. (FOTO: Instagram BBTNBTS)
Kawah Gunung Semeru muntahkan lava pijar. (FOTO: Instagram BBTNBTS)

TIMESINDONESIA, MALANG – Seluruh pendakian di Gunung Semeru ditutup total untuk sementara waktu mulai Senin (30/11/2020) besok hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Lantaran gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mengalami erupsi. Hal ini disampaikan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui akun Instagram resmi, Minggu (29/11/2020) malam.

"Bersama ini Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup kegiatan pendakian Gunung Semeru secara total sejak tanggal 30 November 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," tulis pengumuman itu melalui surat yang ditandatangani Plt Kepala Balai Besar Bromo Tengger Semeru, Agus Budi Santosa.

Melalu surat pengumuman itu, dia menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pendakian ke Gunung Semeru untuk ditutup total sementara waktu.

Diantaranya terjadi letusan dan guguran lava pijar. "Guguran dan lava pijar yang teramati sebanyak 13 kali dengan jarak luncur kurang lebih 500 hingga 1000 meter dari ujung lidah lava ke arah Besuk Kobokan," bebernya.

Menurutnya, kondisi itu teramati melalui Pos Gunung Api atau PGA di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang. "Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dan mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jonggring Saloka, serta mengutamakan keselamatan Jiwa," urainya.

Meski terjadi peningkatan aktivitas vulkanik dan mengalami erupsi, status Gunung Semeru masih berada waspada atau Level 2, sama seperti sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES