Peristiwa Internasional

Unik, Sampul Buku Ini Terbuat dari Kulit Tubuh Manusia

Senin, 30 November 2020 - 06:16 | 79.04k
Buku dengan sampul kulit manusia ynag diterdapat di Perpustakaan UCLA. (FOTO: Doc. Perpustakaan UCLA)
Buku dengan sampul kulit manusia ynag diterdapat di Perpustakaan UCLA. (FOTO: Doc. Perpustakaan UCLA)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuku dengan sampul kulit manusia? Hendak memegangnya pun tentunya geli-geli ngeri. Namun, bagaimana jika mau tidak mau pekerjaan kita mengharuskan kita berjibaku dengan buku ini?

Nah inilah yang dilakukan Megan Rosenbloom. Rosenbloom adalah seorang petugas perpustakaan UCLA (University of California Los Angeles) yang bertugas mengetahui berapa jumlah dan meneliti buku-buku bersampul kulit manusia itu.

sampul-kulit-manusia-2.jpg

Seperti dilaporkan oleh Inside Edition, Rosenbloom kini sedang dalam misi mencari buku-buku bersampul kulit manusia yang belum terkuak ke publik. Sampai saat ini dia menemukan setidaknya ada 50 buku dengan sampul kulit manusia tersebar di perustakkan maupun museum di seluruh penjuru dunia.

Rosenbloom juga bertugas meneliti keaslian sampul kulit manusia dari buku tersebut. Setelah menemukan buku yang di klaim memiliki sampul kulit manusia Rosenbloom dan tim akan menguji keaslian sampulnya di laboratorium milik UCLA.

Buku-buku yang didapatinya kebanyakan dibuat pada awal abad 19 oleh dokter-dokter pada masa tersebut. “College of Physician of Philadhelphia mempunyai koleksi terbanyak buku bersampul kulit manusia. Mereka punya 5 disana,” ungkapnya dalam video yang diunggah oleh Inside Edition.

Kebanyakan dari buku tersebut merupakan buku kedokteran yang ditulis pada tahun 1800-an. Rosenbloom juga menjelaskan bahwa perspektif dokter saat melihat pasiennya saat ini bisa dikatakan berbeda.

Rosenbloom juga menjelaskan bahwa dokter pada masa itu melihat pasiennya sebagai benda bukan sebagai manusia. Mereka juga menilai pasiennya adalah penyakit yang harus disembuhkan. Hal tersebut membuat para dokter pada masa itu kehilangan rasa kemanusiaan.

Hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya buku bersampul kulit manusia ini. Kebanyaan dair buku tersebut didapatkan di Amerika atau Eropa. Hingga saat ini Rosenbloom masih terus melakukan pencarian terhadap buku-buku bersampul kulit manusia lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES