Pendidikan

Membanggakan, Mahasiswa Pertambangan ITNY Raih Juara SPC TPT XXIX PERHAPI 2020

Minggu, 29 November 2020 - 19:45 | 74.89k
Mahasiswa Teknik Pertambangan ITNY, Mahmud Said berhasil meraih Juara SPC TPT XXIX PERHAPI 2020. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Teknik Pertambangan ITNY, Mahmud Said berhasil meraih Juara SPC TPT XXIX PERHAPI 2020. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Kali ini, penghargaan itu didapatkan oleh mahasiswa dari Teknik Pertambangan yang berhasil meraih juara 3 Student Paper Contest (SPC) pada Temu Profesi Tahunan (TPT) XXIX Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) 2020 pada 17 - 27 November 2020. Sedangkan juara 1 dan 2 diraih oleh ITB.

Sebelumnya, team ITNY ini juga meraih juara Depati Amir Mining Competition II ( DAMC II) awal November ini.

ITNY-Mahmud-Said-2.jpg

SPC TPT PERHAPI mengambil tema Mempersiapkan SDM Pertambangan yang Unggul Menuju Indonesia Maju 2045. Tahun ini, SPC diikuti dari berbagai perguruan tinggi Negeri maupun swasta di Indonesia. SPC dilombakan melalui vidio presentasi yang ditayangkan secara virtual pada 18 November 2020.

Mahasiswa Teknik Pertambangan ITNY, Mahmud Said yang mengikuti perlombaan tersebut mengusul tema Analisis Teknis Penggunaan Shotcrete pada Tambang Bawah Tanah Grasberg Block Cave (GBC) di PT Freeport Indonesia, Provinsi Papua. Pada Lomba ini, mahasiswa angkatan 2015 ini didampingi oleh dosen pembimbing yaitu AA Inung Arie Adnyano dan Bayurohman Pangacella Putra.

Mahmud memaparkan alasan mengambil judul tersebut karena PT. Freeport Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan. Sebuah perusahaan penghasil tembaga, emas dan perak terbesar di dunia.

ITNY.jpg

“Tambang bawah tanah Grasberg Block Cave (GBC) yang terletak dibawah tambang terbuka (Open Pit) ialah salah satu tambang masa depan PT. Freeport Indonesia,” jelas Mahmud.

Kaprodi Teknik Pertambangan sekaligus dosen pembimbing, Bayurohman menjelaskan, ITNY memiliki visi Technopreneur in Future Energy yang bisa diwujudkan dengan karya kreativitas dan inovasi dari mahasiswa. Hal ini untuk membangun kemandirian teknologi di Indonesia.

“Kami sangat mendukung kreativitas  dan inovasi para mahasiswa Pertambangan ITNY untuk terus mengembangkan bakat dan karyanya di dunia Pertambangan,” terang Bayu yang menjadi pembimbing Mahmud Said sehingga meraih Raih Juara SPC TPT XXIX PERHAPI 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES