Pendidikan

Dukung Mahasiswa Go International, ITNY Ikuti International Student Exchange

Minggu, 29 November 2020 - 19:40 | 52.07k
Sebanyak 17 mahasiswa antusias mengikuti International Student Exchange melalui daring. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)
Sebanyak 17 mahasiswa antusias mengikuti International Student Exchange melalui daring. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Berbagai upaya terus dilakukan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mewujudkan visi sebagai kampus unggulan tingkat internasional. Nah, sebagai bukti nyata langkah tersebut ITNY mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan International Student Exchange Program (ISEP) 2020.

Kegiatan pertukaran pelajar internasional ini diselenggarakan secara daring oleh Universitas Tarumanagara Jakarta pada Kamis hingga Sabtu (26-28 November 2020). Dalam ISEP 2020 ini, ratusan mahasiswa dari 12 negara ikut berpartisipasi.

Dalam kegiatan ini, ITNY mengirimkan 17 mahasiswanya. Kegiatan ISEP 2020 diisi dengan kuliah dari berbagai institusi seperti St. Paul University Manila, Filipina, Kun Shan University, Taiwan, Tunku Abdul Rahman University College, Penang, serta dari Universitas Tarumanagara Jakarta. Tidak hanya diisi dengan aktivitas perkuliahan secara daring, kegiatan ISEP 2020 juga diisi dengan art performance, debate, dan diskusi kelompok.

International-Student-Exchange-2.jpg

Kepala Bagian Administrasi Kemahasiswaan (BAK) ITNY, Rizqi Muhammad Mahbub ST MT mengatakan, peserta kegiatan diseleksi dari kalangan mahasiswa ITNY. Syaratnya adalah memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Kemampuan dasar ini diperlukan agar mahasiswa ITNY dapat berpartisipasi secara aktif dan tidak hanya berperan sebagai pendengar saja.

“Selain itu, mahasiswa juga didampingi oleh tiga orang dosen pendamping. Sebagian mahasiswa yang masih berada di daerah asal, mengikuti kegiatan ini dari daerahnya masing-masing,” kata Rizqi.

Rektor ITNY, Dr Ir H. Ircham MT saat memberikan pengarahan mengatakan, para mahasiswa berani berkecimpung di kancah internasional. Tahun lalu, ITNY sudah mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran pelajar dengan Rajamangala University di Bangkok, Thailand. Karena situasi pandemi, maka pertukaran pelajar dilakukan secara daring.

“Anak-anakku di ITNY harus lebih percaya diri dengan kemampuannya untuk berperan aktif selama kegiatan International Student Exchange Program (ISEP) 2020 ini berlangsung,” terang Ircham. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES