Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Guru Dan Maju Mundurnya Sebuah Peradaban

Sabtu, 28 November 2020 - 12:00 | 26.84k
Guru Dan Maju Mundurnya Sebuah Peradaban
Zobi Mazhabi, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, MALANG – Pendidikan Adalah Senjata Yang Paling Ampuh Yang Bisa Anda Pergunakan Untuk Mengubah Dunia  (Nelson Mandela)

Dari sekian banyaknya faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban sebuah bangsa, maka bertepatan dengan momentum peringatan hari guru Nasional kali ini, kami lebih terfokus menyorot peran pendidikan dalam memajukan peradaban sebuah bangsa. Peran pendidikan dalam memajukan sebuah peradaban sangatlah penting, hal ini didasarkan dari beberapa alasan yang sangat rasional. ALasan pertama adalah alasan yang di tinjau dari Perspektif Alqur’an

“ Allah will raise those who have believed among you and those who were given knowledge, by degrees. And Allah is Acquainted with what you do”(QS Almujadalah:11)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam perspektif Al Quran , kaum intlektual dan orang yang memiliki pendidikan yang tinggi memiliki derajat tersendiri di sisi Allah SWT dari pada orang yang tidak berilmu atau tidak terlalu peduli dengan pendidikannya.

Sebuah bangsa yang memiliki sejumlah generasi terdidik dan kaum intlektual yang cukup, berkesempatan membangun peradaban yang lebih maju daripada bangsa yang tidak terlalu menaruh perhatian terhadap pendidikan bangsanya. Hal ini dibuktikan dalam catatan sejarah akhir perang dunia ke-2 , tepatnya pada akhir tahun 1945, pada saat lumpuhnya Bangsa Jepang dari berbagai sektor, pasca di jatuhkannya Bom Atom di Kota Nagasaki dan Hirosima.

Jepang luluh lantak, infrastruktur hancur lebur, sektor kesehatan, pendidikan, dan perekonoimian rusak berantakan. Pasca peristiwa itu, Kaisar Negara Jepang Hirohito mengumpulkan semua Jendral yang tersisa dan menanyakan kepada para jendralnya, berapa jumlah guru yang masih di miliki bangsa jepang pasca peristiwa meledaknya Bom Maha dahsyat itu. Jendral Hirohito dalam catatatan sejarah bangsa jepang ini tidak menanyakan berapa jumlah pasukan yang tersisa, berapa pembisnis yang masih hidup, berapa infrastruktur negara yang rusak.

Setelah itu, sang kaisar menyampaikan alasan kenapa dia menayakan hal itu, saat ini kita telah kalah perang dari musuh, negara kita luluh lantah akibat dijatuhkannya Bom di Nagasaki dan Hiroshima , hal itu terjadi karena kita tidak belajar , kita memiliki persenjataan perang dan strategi perang yang baik, akan tetapi kita tidak belajar bagaimana cara membuat Bom seperti mereka.

 Kalau kita tidak belajar maka bagaimana mungkin kita bisa mengejar kemajuan mereka. Oleh karena itu, kumpulkan semua guru yang tersisa seantero plosok kerajaan ini, karena mulai saat ini, kepada para guru maju dan mundurnya kekasiaran Jepang bertumpu, bukan hanya pada kekuatan pasukan tentara perang.

Berdasarkan cerita singkat tersebut, maka wajarlah saat ini Bangsa Jepang menjadi bangsa yang maju dalam berbagai sektor. Hal ini terjadi salah satunya karena bangsa jepang memposisikan pendidikan dalam hal ini para guru sebagai salah satu elemen yang utama dalam menciptakan peradaban yang maju di masa mendatang.           

Dalam rangka menciptakan kesejahtraan, kemakmuran, dan perdamaian di tengah-tengah kehidupan penduduk dunia ini, maka Perserikatan Bangsa Bangsa (PPB) mencetuskan sebuah agenda pembangunan menuju tahun 2030, yaitu program yang disebut dengan Sistem Pembangunan Berkelanjutan Global (Sustainable Development Goals/SDGs).

Dalam agenda pembangunan yang di cetuskan pada tahun 2015 ini, ada 17 agenda pembangunan yang akan dilakukan secara berkelanjutan, bersifat global , dan Pendidikan atau Quality of Education menempati posisi nomer empat dari 17  bidang fokus pembangunan berkelanjutan gobal yang dialakukan oleh PPB, dengan bahasa lain, penduduk dunia menempatkan perhatian pembangunan kualitas pendidikan pada posisi nomer empat setelah pengentasan kemiskinan, tanpa kelaparan, kesehatan dan kehidupan yang sejahtera, dan yang ke empat adalah pendidikan yang berkualitas.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dari 17 agenda yang telah di tetapkan , pendidikan menempati posisi ke empat dalam fokus pembangunan peradaban kehidpuan dunia yang sejahtera, makmur, dan damai. Maka dari itu, para guru yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pendidkan di Indonesia harus benar-benar diperhatikan oleh pemerintah dewasa ini. Perhatian yang harus diberikan adalah peningkatan kesejahteraan para guru dan peningkatan kualitas kemampuan para guru.  

Lebih-lebih, ditengah-tengah masifnya penyebaran virus Corona dan menyambut generasi emas Bangsa Indonesia pada tahun 2045 , dampak COVID-19 bagi pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata , karena pada awalnya mayoritas para penekun dunia pendidikan khususnya para guru dan dosen di buat kewalahan karena terjadinya distrupsi besar-besaran akibat masifnya penyebaran COVID-19.

Ketika Generasi Kihajar Dewantara dan Tokoh Pendidikan Nasional Indonesia lainya berjuang memperjuangkan pendidikan Indeonesia dengan tantangan zamanya, yaitu hambatan para bangsa colonial belanda dan jepang, maka para guru hari ini memiliki tantangan baru dalam dunia pendidikan yaitu bagaimana mempersiapkan era digitalisasi pendidikan bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Beberapa bulan terkahir ini, digitalisasi pendidikan menjadi topik yang menyita perhatian berbagai pihak terutama para penekun dunia pendidikan, hal ini dikarenakan dampak signifikan dari masifnya penyebaran COVID-19 di tengah-tengah kehidupan masyrakat,kulture pendidikan berubah, baik sistem pelayanan pendidikan, dan pelaksanaan kegaiatan pembelajaran yang berbasis pada teknologi digital.

Dalam sebuah artikel pendidikan https://pintek.id/blog/digitalisasi-pendidikan telah menjelaskan beberapa sarana yang harus dipersiapakan oleh lembaga sekolah ketika ingin melaksanakan digitalisasi pendidikan ini meliputi, Platform E-learning, School Information system (SIS), Kurikulum berbasis STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art, and Mathemathic). Melihat  tantangan penerapan digitalisasi pendidikan yang cukup serius karena ketidak merataan infra struktur yang sama di tiap-tiap sekolah yang ada di sejumlah provinsi yang di miliki negara ini.

Maka pemerintah harus memberikan perhatian yang serius terhadap penyediaan infrastruktur digitalisasi pendidikan di sejumlah lembaga pendidikan yang ada di negara ini, kemampuan para tenaga pendidik dalam mengoprasikan perangkat digitalisasi pendidikan ini.

Salam perjuangan Para Insan Pendidikan, Guru, Dan Dosen, selamat Hari Guru, Semoga perjuangan Kita Bersama saat,saat ini, kepada semua guru dimanapun berada diberikan kemudahan untuk menanamkan pondasi-pondasi keilmuan dan pengetahuan demi maju dan terpandangnya peradaban bangsa Indonesia di masa depan

Selamat Hari Guru 25 Nopember 2020 M.

“Seorang Guru Mengandeng Tangan, Membuka pikiran, menyentuh hati, membenuk masa depan (Henry Adams)” 

Seorang Guru berpengaruh selamanya, dia tidak pernah tau kapan pengaruhnya berakahir ( Henry Adams)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Zobi Mazhabi, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Kabid Datin Diskominfo Lubuklinggau Febrio Fadilah Alami Dugaan Penganiayaan
    Kabid Datin Diskominfo Lubuklinggau Febrio Fadilah Alami Dugaan Penganiayaan
    23/01/2021 - 14:09
  • Efektivitas Distribusi Bantuan Sosial Covid-19 di Indonesia
    Efektivitas Distribusi Bantuan Sosial Covid-19 di Indonesia
    23/01/2021 - 14:00
  • Mengintip Wisudawan Terbaik Program Sarjana Unisma Malang
    Mengintip Wisudawan Terbaik Program Sarjana Unisma Malang
    23/01/2021 - 13:54
  • Haji 2021 Belum Ada Kepastian, CJH di Pagaralam Diminta Bersabar
    Haji 2021 Belum Ada Kepastian, CJH di Pagaralam Diminta Bersabar
    23/01/2021 - 13:51
  • BNN Kota Pagaralam Bersinergi Sukseskan Program P4GN
    BNN Kota Pagaralam Bersinergi Sukseskan Program P4GN
    23/01/2021 - 13:44
  • Ditetapkan sebagai Paslon Terpilih Pilbup Blitar, Mak Rini Ajak Masyarakat Bersatu 
    Ditetapkan sebagai Paslon Terpilih Pilbup Blitar, Mak Rini Ajak Masyarakat Bersatu 
    23/01/2021 - 13:37
  • Sungai Selangis Pagaralam Mulai Ditata untuk Destinasi Wisata
    Sungai Selangis Pagaralam Mulai Ditata untuk Destinasi Wisata
    23/01/2021 - 13:31
  • Doni Monardo Menduga Terpapar Covid-19 saat Makan Bersama
    Doni Monardo Menduga Terpapar Covid-19 saat Makan Bersama
    23/01/2021 - 13:24
  • Jadi Pusat Bisnis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Terus Menata Pasar Senen
    Jadi Pusat Bisnis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Terus Menata Pasar Senen
    23/01/2021 - 13:17
  • Jalan Senilai Miliaran Rupiah di Pulau Taliabu, Hancur Saat Diinjak
    Jalan Senilai Miliaran Rupiah di Pulau Taliabu, Hancur Saat Diinjak
    23/01/2021 - 13:05

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Efektivitas Distribusi Bantuan Sosial Covid-19 di Indonesia
    Efektivitas Distribusi Bantuan Sosial Covid-19 di Indonesia
    23/01/2021 - 14:00
  • Mengintip Wisudawan Terbaik Program Sarjana Unisma Malang
    Mengintip Wisudawan Terbaik Program Sarjana Unisma Malang
    23/01/2021 - 13:54
  • Wakil Presiden RI Paparkan Transformasi Wakaf Indonesia Produktif
    Wakil Presiden RI Paparkan Transformasi Wakaf Indonesia Produktif
    22/01/2021 - 12:05
  • Vaksin Sinovac: Untuk Indonesia sehat
    Vaksin Sinovac: Untuk Indonesia sehat
    21/01/2021 - 20:32
  • Perlunya Pelayanan Publik Digital Di Masa Pandemi Covid-19
    Perlunya Pelayanan Publik Digital Di Masa Pandemi Covid-19
    21/01/2021 - 19:30
  • Kuasa Kekerabatan dalam Pilkada 2020
    Kuasa Kekerabatan dalam Pilkada 2020
    21/01/2021 - 17:24
  • Bocornya di Atap, Mereka Sibuk Membersihkan Lantai
    Bocornya di Atap, Mereka Sibuk Membersihkan Lantai
    21/01/2021 - 13:34
  • Pendidikan Era Paradigma Baru
    Pendidikan Era Paradigma Baru
    21/01/2021 - 13:20

KULINER

  • Sup Tomat ala Italia, Pas untuk Sarapan di Musim Hujan
    Sup Tomat ala Italia, Pas untuk Sarapan di Musim Hujan
    23/01/2021 - 05:27
  • Hati-Hati 5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Imun
    Hati-Hati 5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Imun
    23/01/2021 - 01:20
  • Donat Alanuts Hotel Alana Angkat Kearifan Lokal
    Donat Alanuts Hotel Alana Angkat Kearifan Lokal
    22/01/2021 - 23:25
  • Nasi Padang Rempah Hotel Aston Sidoarjo, Cocok Bantu Jaga Imunitas Tubuh di Musim Hujan
    Nasi Padang Rempah Hotel Aston Sidoarjo, Cocok Bantu Jaga Imunitas Tubuh di Musim Hujan
    22/01/2021 - 17:03
  • Berawal dari Acara Pramuka, Kacang Telur Brawijaya jadi Legenda
    Berawal dari Acara Pramuka, Kacang Telur Brawijaya jadi Legenda
    22/01/2021 - 10:45
  • Gugur Ditembak OPM Usai Salat, Pratu Roy Ternyata Pasukan UNIFIL PBB
    Gugur Ditembak OPM Usai Salat, Pratu Roy Ternyata Pasukan UNIFIL PBB
    23/01/2021 - 07:10
  • Ya Ampun, Ratu Bulutangkis Terkaya Sejagat Terkapar di Thailand Open
    Ya Ampun, Ratu Bulutangkis Terkaya Sejagat Terkapar di Thailand Open
    23/01/2021 - 09:35
  • Alasan Mohammad Ahsan Hijrah dan Kerap Tampil Islami
    Alasan Mohammad Ahsan Hijrah dan Kerap Tampil Islami
    23/01/2021 - 05:06
  • Kapolri Baru Beri Kabar Soal SIM, dan Bakal Ada Jeep Keren di RI
    Kapolri Baru Beri Kabar Soal SIM, dan Bakal Ada Jeep Keren di RI
    23/01/2021 - 08:27
  • VIVA Militer Berduka Cita Atas Gugurnya 2 Prajurit Raider TNI
    VIVA Militer Berduka Cita Atas Gugurnya 2 Prajurit Raider TNI
    23/01/2021 - 06:10