Peristiwa Nasional

Temui Masyarakat Papua, TNI-Polri Pastikan Stabilitas Kemananan Masyarakat

Minggu, 29 November 2020 - 14:20 | 32.78k
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono (FOTO: suaramerdeka)
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono (FOTO: suaramerdeka)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono menegaskan bahwa TNI-Polri di Papua untuk memastikan stabilitas keamanan masyarakat.

Ia mengatakan sinergitas ini terlihat dari kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis yang diwakili oleh Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto ke Timika, Papua, dalam rangka dialog dengan tokoh masyarakat Papua untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Keamanan merupakan tanggung jawab bersama, maka kehadiran TNI-Polri di Papua merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas keamanan tersebut,” kata Argo dalam keterangan pers, Sabtu (28/11/2020).

Argo mengatakan bila ada permasalahan di Papua yang menyangkut aparat maka perlu dikomunikasikan terlebih dahulu untuk menghindari adanya provokasi dari kelompok separatis.

Apabila ada permasalahan keamanan di Papua maka harus dikomunikasikan dengan baik.

Agro mencontohkan apabila ada pasukan TNI-Polri yang datang ke Papua, maka komunikasi antara masyarakat dan aparat keamanan dapat terjalin dengan baik. Argo menjelaskan bahwa upaya penegakan hukum diterapkan di Papua. Namun, dalam upaya penegakan hukum ini Polri tetap mengedepankan upaya preventif.

“Pendekatan untuk menangani Papua saat ini adalah pendekatan penegakan hukum bukan pendekatan militer. Jadi saya tekankan bahwa saat ini yang dikedepankan adalah penegakan hukum," kata Agro.

Ia juga menyampaikan bahwa. TNI- Polri juga akan tetap menangani  mengawali diawali dengan pendekatan preventif yang dilakukan oleh Polres setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES