Pemerintahan

Pulau Obi Halmahera Selatan Masuk Dalam Proyek Strategis Nasional

Minggu, 29 November 2020 - 13:44 | 98.21k
Kadis PUPR Malut Santrani Abussama. (Foto: Dok. Santrani)
Kadis PUPR Malut Santrani Abussama. (Foto: Dok. Santrani)

TIMESINDONESIA, SOFIFIPresiden RI Joko Widodo menetapkan Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) masuk dalam Proyek Strategis Nasional.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Pepres) Republik Indonesia nomor 109 tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas peraturan presiden nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Pada Pepres ini, pembangunan kawasan industri Pulau Obi, yang didalamnya terdapat jembatan Pulau Obi, tercantum pada halaman 7 nomor 102.

Dengan demikian, kawasan Industri Pulau Obi kini telah beralih status dari provinsi menjadi pembangunan berskala nasional.

Kepala Dinas PUPR Malut Santrani Abussama dalam siaran pers mengungkapkan, disahkannya menjadi program pembangunan berskala nasional berkat usulan pemerintah provinsi dalam hal ini  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Dengan begitu kata dia, pembangunan yang menjadi tanggung jawab pusat bakal ditangani kementerian PUPR secara langsung.

"Dari dinas kami sudah usulkan untuk pembangunan jalan-jalan provinsi saat ini untuk di tangani oleh kementerian pekerjaan umum,"terangnya, Minggu (29/11/2020).

Santrani mengatakan, upaya yang dilakukannya guna mempercepat penanganan pembangunan jalan dan jembatan di pulau obi secara keseluruhan dan secara regulasi sudah di tetapkan melalui Perpres.

Oeh karena itu, ketua MPW Pemuda Pancasila Maluku Utara ini berharap, dengan pengusulan ini tentunya pembangunan jembatan Pulau Obi lebih terjamin, sebab segala bentuk kebutuhan pembangunan bakal dipenuhi langsung oleh Kementerian melalui APBN.

"Dengan begitu, tentunya kita tidak bisa bebankan pada Provinsi saja, sebab pembangunan ini merupakan fasilitas publik berskala nasional," pungkasnya terkait Pulau Obi yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES