Ekonomi

Pusat Kajian Halal ITS Fasilitasi Sejumlah UMK untuk Dapat Sertifikat Halal

Minggu, 29 November 2020 - 13:20 | 41.14k
Penyerahan Poster Kebijakan Halal Oleh Mahasiswa KKN ITS ke CV Inovasindo Berkah Bersama. (FOTO: ITS for TIMES Indonesia)
Penyerahan Poster Kebijakan Halal Oleh Mahasiswa KKN ITS ke CV Inovasindo Berkah Bersama. (FOTO: ITS for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Melalui program Pengabdian Masyarakat (Abmas) Berbasis Produk, dosen-dosen ITS bersama mahasiswa KKN berupaya untuk membantu UMK agar dapat kembali bangkit akibat resesi dan pandemi. Salah satunya dengan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMK agar mendapatkan sertifikat halal.

Untuk melakukan ekspansi pasar dan menambah daya saing produk, sertifikat halal menjadi salah satu syarat kuncinya. Dengan sertifikat halal, maka konsumen akan merasa aman dan nyaman untuk membeli produk-produk UMK dan memberikan peluang yang lebih besar bagi produk UMK untuk masuk ke retail modern.

Kegiatan Abmas ITS ini berlangsung sejak Bulan April hingga Bulan November 2020 dengan membina dan mendampingi 20 UMK di wilayah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Pembinaan dan pendampingan lebih ditekankan untuk memberikan pengetahuan kepada UMK tentang Sistem Jaminan Halal (SJH) yang menjadi syarat wajib untuk mendapatkan sertifikat halal.

Selain melakukan pembinaan dan pendampingan, Setiyo Gunawan yang merupakan Ketua Pengabdi sekaligus Kepala Pusat Kajian Halal ITS, juga memberikan fasilitasi pendaftaran sertifikasi halal gratis bagi UMK yang telah memenuhi persyararatan.

“Untuk saat ini, kami telah merekomendasikan dan mendaftarkan 11 UMK untuk pengajuan sertifikasi halal. Biaya sepenuhnya akan ditanggung ITS melalui program Abmas ini," jelas Setiyo.

CV Inovasindo Berkah Bersama yang memproduksi gula dari singkong, menjadi salah satu UMK penerima fasilitasi sertifikasi halal gratis tersebut. Dian Purwaningtyas selaku pemilik usaha tersebut mengungkapkan kegembiraanya.

“Alhamdulillah... ITS telah banyak membantu kami dalam proses pengajuan sertifikat halal. Apalagi ditambah fasilitasi pendaftaran sertifikat halal gratis. Sangat membantu kami yang memang tidak memiliki biaya untuk mengajukan sertifikat halal,” kabarnya gembira.

Dalam program pembinaan dan pendampingan UMK agar mendapatkan sertifikat halal tersebut, para UMK juga mendapatkan plakat binaan Pusat Kajian Halal ITS dengan disertai QR Code yang dapat memberikan informasi terkait produk UMK tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES