Tekno 3M Lawan Covid

Robot Cira-03, Robot Canggih untuk Pasien Covid-19 dari Mesir

Minggu, 29 November 2020 - 01:28 | 123.55k
Seorang sukarelawan mencoba kecanggihan robot Ciro-03. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Seorang sukarelawan mencoba kecanggihan robot Ciro-03. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ilmuwan Mesir menciptakan sebuah robot canggih untuk mengurangi intensitas pekerja rumah sakit melakukan physical contact dengan pasien Covid-19. Robot ini oleh Mahmoud El-Komy dan diberi nama Cira-03.

Tanggal 18 November kemarin, robot ini menjalani uji coba di rumah sebuah rumah sakit swasta di Kairo Utara. Robot canggih ini dibekali kemampuan untuk mengukur suhu pasien, dan memperingatkan mereka jika mereka tidak memakai masker saat berada di rumah sakit.

Cira juga bisa melakuakan tes swab dengan cara memegang dagu pasien dan mengulurkan cotton bud ke dalam mulut pasien. Hebatnya robot ini juga bisa mengambil sample darah pasien.

Ekokardiogram atau pnengukuran denyut jantung  dan sinar-X juga bisa dilakukan Cira-03. Robot ini akan langsung menampilkan hasilnya dan menunjukkannya kepada pasien di layar yang ditempelkan di dadanya.

Tak seperti robot lainnya, robot ini didesain sedemikian rupa menyerupa manusia. "Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih manusiawi, sehingga pasien tidak takut," ucap Mahmoud seperti dilansir dari Swiss Info.

Hal ini disinyalir akan membangun kepercayaan lebih antara pasien dengan robot canggih buatan Mesir ini. Hingga saat ini Cira-03 masih diperbantukan di rumah sakit swasta setempat untuk membantu perawatan pasien Covid-19. (*) 

Pesan Redaksi

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES