Peristiwa Daerah

Belasan Relawan Siaga Bantu Urus Jenazah Covid-19 di Indramayu

Jumat, 27 November 2020 - 18:38 | 30.27k
Para relawan siaga di Indramayu. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Para relawan siaga di Indramayu. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Sebanyak 11 relawan disiagakan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, untuk melakukan pemulasaran jenazah Covid-19, hingga pemakamannya.

Penyiagaan ini dilakukan karena masih terus bertambahnya pasien yang meninggal karena suspect maupun terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Apalagi, petugas pemulasaran jenajah RSUD Indramayu mengaku kewalahan dan beberapa orang sempat jatuh sakit.

Akibatnya pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 sering mengalami keterlambatan.

Menurut Pjs. Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono, untuk mengatasi hal tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu segera menggerakkan relawan untuk melakukan pemulasaran jenazah, hingga pemakamannya.

"Tercatat saat ini sudah ada 11 relawan yang siap melakukan tugas-tugas kemanusian untuk memakamkan jenazah pasien suspect dan terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai protokol kesehatan," jelasnya, Jumat (27/11/2020).

Bambang menjelaskan, 11 relawan tersebut berasal dari BPBD, Tagana, FPRB, TNI, dan Polri. Mereka mendapatkan pelatihan dan pembekalan terhadap pemulasaran jenazah hingga ke pemakamam dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

"Mereka juga bertugas siang dan malam," kata Bambang.

Berdasarkan laporan dari Satgas di RSUD dan Dinas Kesehatan, lanjut Bambang, bahwa petugas jenazah saat ini hanya 4 orang. Sementara jenazah Covid-19 baik yang suspect maupun yang terkonfirmasi positif semakin bertambah. "Karenanya dibutuhkan penambahan tenaga untuk memakamkannya sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, untuk keselamatan bersama," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES