Indonesia Positif

Dosen Fakultas Sastra UM Kembangkan Media Flipchart Sebagai Alat Bantu Pembelajaran

Jumat, 27 November 2020 - 16:42 | 111.12k
Kegiatan Pelatihan Bertempat di TPQ Mazro'atul Ilmi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Pelatihan Bertempat di TPQ Mazro'atul Ilmi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Fakultas Sastra UM (Universitas Negeri Malang) kembangkan media flipchart sebagai alat bantu pembelajaran di TPQ Bunder, Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

Kegiatan tersebut diikuti tim pelaksana yangterdiri dari 7 orang dosen Fakultas Sastra UM yaitu Joko Samodra, S.Kom, M.T., Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds, Arif Sutrisno, S.Sn, M.Ds, Muhammad Nurwiseso Wibisono, S.Kom, M.T., Ima Kusumawati Hidayat, S.Sn, M.Ds, Andy Pramono, S.Kom, M.T., dan Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.

Diketahui, penggunaan media pembelajaran berbasis visual bisa menjadi salah satu solusi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran di TPQ. Para ahli menemukan fakta bahwa media pembelajaran berbasis visual memiliki potensi yang cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan media lain. Dari berbagai jenis media pembelajaran berbasis visual yang ada, flipchart menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk digunakan di TPQ.

Pimpinan TPQ Mazroatul Ilmi

Masalah yang ada di TPQ di Dusun Bunder Desa Tunjungtirto yaitu belum dimilikinya media pembelajaran yang memadai, para pengajar hanya menggunakan papan tulis dan buku-buku cetak saja. Selain itu, para pengajarnya juga belum memiliki keterampilan yang baik dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Bentuk kegiatan berupa pengembangan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran flipchart, yang dilaksanakan di TPQ Mazro’atul Ilmi Dusun Bunder Desa Tunjungtirto. Rentang waktu pelaksanaan kegiatan yaitu bulan Agustus hingga Nopember 2020. Peserta pelatihan terdiri dari para pengajar TPQ Mazro’atul Ilmi dan TPQ Al Amin Dusun Bunder Desa Tunjungtirto.

Pada tahap awal, tim pelaksana melakukan perencanaan dan pengembangan sebuah media pembelajaran flipchart yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di masing-masing TPQ.

Hasilnya berupa sebuah flipchart dengan materi tata cara berwudhu, yang dicetak dengan bentuk dan ukuran kalender meja. Selain itu tim pelaksana juga mengembangkan perlengkapan pendukung yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yang berupa papan flipchart berpenyangga dengan ukuran papan 60 x 90 cm dan ketinggian 150 cm.

Bantuan Alat

Di sisi bagian atas papan ini dilengkapi dengan penjepit kertas sehingga akan memudahkan para pengajar untuk menempelkan dan mengganti lembaran-lembaran flipchart yang sudah dibuat sebelumnya.

Tahap berikutnya yaitu pemberian pelatihan dan pembimbingan praktek kepada para pengajar TPQ. Dalam tahapan ini para peserta diajari dan didampingi dalam pembuatan media pembelajaran flipchart secara manual menggunakan kertas manila dan spidol berwarna. Metode pembuatan media flipchart dipilih secara manual karena di TPQ di Dusun Bunder Desa Tunjungtito belum memiliki perangkat komputer.

Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran di waktu mendatang, Fakultas Sastra UM juga memberikan bantuan berupa peralatan dan bahan untuk pengembangan dan penggunaan flipchart dalam kegiatan pembelajaran. Diantaranya yaitu papan berpenyangga untuk menempelkan lembaran-lembaran kertas flipchart, poster peraga berbagai materi pembelajaran, kertas manila, dan beberapa jenis alat tulis yang diperlukan untuk pembuatan media flipchart secara manual.

Di akhir kegiatan, Ustadz Aris Dzikrullah selaku pimpinan TPQ Mazro’atul Ilmi Dusun Bunder menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Fakultas Sastra UM yang telah memberikan perhatian dan bantuannya dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di TPQ di Dusun Bunder. "Kegiatan seperti inilah yang sangat kami harapkan agar para pengajar kami memperoleh tambahan ilmu dan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES