Peristiwa Daerah

Kodim 0811/Tuban Lakukan Reboisasi Sejuta Pohon Bersama Perhutani KPH Parengan

Jumat, 27 November 2020 - 16:50 | 90.55k
Kodim 0811 Tuban bersama Perum Perhutani KPH Parengan, KPH Jatirogo dengan Instansi terkait dan Forkopimcam kecamatan Montong, Kabupaten Tuban Saat Penanaman simbolis pohon (28/11/2020) (FOTO : Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 
Kodim 0811 Tuban bersama Perum Perhutani KPH Parengan, KPH Jatirogo dengan Instansi terkait dan Forkopimcam kecamatan Montong, Kabupaten Tuban Saat Penanaman simbolis pohon (28/11/2020) (FOTO : Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, TUBANKodim 0811/Tuban bersama Perum Perhutani, Jawa Timur melakukan reboisasi sejuta pohon di lahan gundul petak 12 BKPH Mulyoagung Singgahan, KPH Parengan di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (27/11/2020). 

Reboisasi digelar ini sebagai upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan di wilayah Kabupaten Tuban. 

Dalam penanaman sejuta pohon dipimpin Kodim 0811/Tuban bersama Perhutani KPH Parengan dengan Kapolres Tuban dan sejumlah Instansi dan organisasi yang lekat dengan alam seperti pramuka.

Kodim 0811 Tuban Reboisasi

Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan penanaman pohon jenis sengon, pohon trembesi dan pohon balsa ini dilaksanakan bersamaan jatuhnya Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati tiap tanggal 28 November.

"Kegiatan menanam pohon ini tidak hanya berhenti di kawasan lingkungan saja. Namun kami ingin menitipkan pohon-pohon tersebut sebagai alternatif investasi masyarakat ke masa depan," tuturnya

Letkol Inf Viliala menambahkan keberadaan sejuta pohon yang ditanam akan sangat bermanfaat untuk alam yakni memperkokoh kontur tanah dari abrasi gerusan air hujan dan limpasan air, pemecah hempasan angin. 

"Kedepannya, mudah-mudahan pohon ini akan menambah populasi pohon pada akhirnya memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat kawasan hutan,” imbuhnya.

Sementara kepala BPBD Tuban Yudi Irwanto mengatakan bahwa pembukaan lahan penghijauan dan menanam pohon hutan skala luas dapat mengembalikan fungsi hutan dalam penyumbang oksigen, habitat alami flora dan fauna, dan pengatur tata air.

Kodim 0811 Tuban Reboisasi Sejuta Pohon

“Hutan kita (Tuban) saat ini banyak yang kosong tidak ditanami masih sangat luas. Tiap memasuki musim penghujan bahaya banjir sering terjadi di beberapa daerah. Mudah-mudahan adanya reboisasi ini bisa mengurangi terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Montong ke depannya,” katanya.

Di tempat sama ADM KPH Parengan Ida S bersyukur atas dilaksanakan reboisasi lahan penghijauan di petak 12 KPH Parengan. 

"Saat ini banyak masyarakat Tuban mencari kehidupan di alam, sehingga pepohonan tidak terjaga dengan baik lagi. Reboisasi sebagai langkah awal penghijauan kawasan hutan untuk masa depan," tuturnya 

Untuk itu, lanjut ADM KPH Parengan Ida pihak Perum Perhutani akan membuka lebar untuk semua pihak dalam pelaksanaan menghijaukan kembali di kawasan hutan yang semula tandus. 

"Kami akan membuka ruang bagi semua pihak untuk menjaga kelestarian kawasan hutan seperti kegiatan reboisasi hari ini," ujarnya 

Informasi dihimpun di lokasi penanaman sejuta pohon di Kecamatan Montong itu, selain jajaran Kodim 0811/Tuban, hadir Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Ketua Pengadilan Tuban, Fathul Mujib, Kepala BPBD, Yudi Irwanto, ADM KPH Parengan Ida S., Waka ADM Jatiro M. Irawan, Asper BKPH Mulyoagung, BKPH Montong dan Forkopimcam setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES