Pendidikan

Membanggakan, UGM Raih Anugerah Sebagai Kampus Paling Informatif 2020

Kamis, 26 November 2020 - 22:21 | 41.18k
UGM raih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020. (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)
UGM raih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020. (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dan peringkat satu dalam mengelola informasi serta komunikasi publik. Predikat kampus paling informatif karena UGM dinilai sebagai Badan Publik (BP) yang telah menjalankan UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat RI.

Penghargaan disampaikan Wakil Presiden, K. H. Ma’ruf Amin melalui media daring, Rabu (25/11/2020) kepada Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. Selain kategori PTN, anugerah Keterbukaan Informasi Publik juga diberikan untuk kategori Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah non Kementerian, Lembaga non Struktural, Pemerintah Provinsi, BUMN dan Partai Politik.

Ma’ruf Amin menyatakan pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi Publik menjadi kesempatan yang sangat baik  untuk mengapresiasi BP yang telah serius melakukan keterbukaan informasi publik.

“Kepada badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif saya ucapkan selamat, dan teruslah bertahan dalam memberikan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi," katanya

Sementara untuk BP yang mendapat predikat menuju informatif, diharapkan pada tahun depan mampu memenuhi kulifikasi sebagai badan publik yang informatif.

“Bagi BP yang cukup informatif, kurang informatif bahkan tidak informatif, saya berpesan untuk terus melakukan akselerasi dengan perbaikan-perbaikan pada keterbukaan informasi publik," tuturnya

Sekretaris Rektor UGM, Drs. Gugup Kismono, MBA., Ph.D., menyampaikan bersyukur UGM mendapatkan peringkat ‘Informatif’ dengan nilai tertinggi untuk kelompok Perguruan Tinggi. Capaian ini merupakan apresiasi sekaligus mengandung tanggung jawab yang tinggi.

Penganugerahan ini menurutnya, sebagai apresiasi atas kerja keras UGM selama ini dalam melaksanakan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, terutama melalui inovasi dan kolaborasi. Inovasi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan layanan.

“Tidak hanya kepada kelompok masyarakat yang secara konvensional kita layani tetapi juga kepada segmen-segmen masyarakat yang relatif kurang mendapatkan perhatian serius, misalnya kelompok difabel," kata Gugup dalam rilisnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (26/11/2020)

Kolaborasi dibangun dengan menggandeng elemen-elemen kampus, seperti mahasiswa, unit pengabdian kepada masyarakat, unit penelitian, dan mitra-mitra UGM, seperti Perguruan Tinggi lain, pemerintah desa, kelurahan, kecamatan dan lain-lain.

Menurutnya, peringkat informatif dengan nilai tertinggi bukan menjadi tujuan akhir, tetapi Keterbukaan Informasi Publik tetap sebagai sebuah proses yang bersifat dinamis. Ruang-ruang perbaikan masih harus terus ditemukan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

“Inilah bentuk tanggung jawab atas capaian prestasi ini. Supervisi dari Komisi Informasi Pusat maupun Komisi Informasi Daerah atau Lembaga lain yang memiliki pengalaman lebih panjang masih tetap diperlukan," terangnya

Perolehan ini tidak terlepas dari komitmen Pimpinan Universitas yang terus menerus memberikan dukungan kebijakan dan sumber daya lain untuk pengelolaan keterbukaan informasi publik yang lebih baik. Demikian pula dukungan unit-unit lain, misalnya dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi, penyediaan layanan kepada segmen khusus (difabel).

Selain itu juga pengembangan kolaborasi dengan pemerintah dari seluruh Indonesia, maupun mitra-mitra lain.

“Teman-teman yang peduli pada difabel secara khusus memberikan inspirasi dan dorongan kepada UGM untuk mengembangkan pengelolaan keterbukaan informasi publik yang menguatkan kampus UGM menjadi lebih inklusif," papar Gugup yang juga sebagai PPID Utama UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES