Pendidikan

Dewan Pendidikan Jombang Sarankan Pembentukan SOP Pembelajaran Tatap Muka

Kamis, 26 November 2020 - 21:23 | 44.67k
Ghufron, Ketua Dewan Pendidikan Jombang saat ditemui dikantornya di jl. Pattimura, sengon, Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Ghufron, Ketua Dewan Pendidikan Jombang saat ditemui dikantornya di jl. Pattimura, sengon, Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Mengenai rencana pembelajan tatap muka pada tahun 2021, Dewan Pendidikan Jombang mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang segera membuat SOP (Standar Operasional Prosedur)

Kepada TIMES Indonedia, Ghufron, Ketua Dewan Pendidikan Jombang mengatakan pandemi ini belum berakhir, meskipun rencana pembelajaran sudah diperbolehkan di tahun 2021 mendatang. Maka harus dipersiapkan secara matang. mengingat waktu untuk persiapan pembelajaran tatap muka ini sangat mepet.

"Kita masih punya waktu 1 bulan lebih untuk mempersiapkan semua ini. Jangan sampai persiapan yang kurang matang malah menjadi klaster penyebaran baru Covid-19 di lingkungan sekolah," ungkapnya, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, lembaga sekolah mulai saat ini harus menyiapkan segala kebutuhan yang digunakan saat pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini. Meskipun sebagian sekolah sudah menjamin tentang protokol kesehatan di sekolah. Namun yang perlu diwaspadai saat ini yaitu peran keluarga saat aktifitas murid di luar sekolah.

"Untuk menyambut itu semua, maka peran keluarga saat ini sangat dibutuhkan guna menjamin keselamatan siswa/murid. Insya Allah kami tanggal 9 Desember nanti akan membuat forum mengenai ini," ujarnya.

Ia juga mengatakan, perlunya pembetukan SOP tersebut segera dilakasnakan agar pembelajaran bisa dilaksanakan dengan baik.

"Untuk itu, saran kami kepada Pemkab agar segera membentuk SOP pembelajaran tatap muka," ungkapnya.

Menurutnya, antara Dewan Pendidikan, Disdikbud Jombang, DPRD Komisi D serta Satgas Covid-19 segera berkoordinasi mambahas pembelajaran tatap muka tersebut.

"Minimal dari 4 elemen tersebut segera membuat rancangan dari SOP pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Saya rasa para siswa dan wali murid serta semua elemen pendidikan sudah merindukan suasana belajar mengajar agar tidak ada kekhawatiran mengenai hal tersebut," pungkas Ghufron, Ketua Dewan Pendidikan Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES