Peristiwa Nasional

Wamenkeu RI: Pemerintah Telah Sediakan Anggaran Khusus Pengembangan Pariwisata

Kamis, 26 November 2020 - 20:23 | 28.75k
Wamenkeu Suahasil Nazara saat menjasi narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (26/11). (Foto: Dokumentasi Kemenkeu)
Wamenkeu Suahasil Nazara saat menjasi narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (26/11). (Foto: Dokumentasi Kemenkeu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan RI (Wamenkeu RI), Suahasil Nazara menyatakan sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat terdampak akibat pembatasan sosial guna mengurangi penyebaran Covid-19.

Berbagai macam sektor mulai dari transportasi, industri tekstil, industri alat angkut, industri kerajinan, perdagangan, hotel, dan restoran tidak berjalan.

Hal ini disampaikannya secara virtual saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (26/11/2020). Ia menyampaikan Pemerintah hadir untuk situasi tersebut dengan memberikan stimulus melalui APBN.

"APBN segera merespons dan melakukan kebijakan yang sifatnya luar biasa. Pengeluaran negara di tengah penerimaan mengalami kontraksi karena kegiatan ekonomi menurun," ungkapnya.

Selain merespon keadaan akibat pandemi Covid-19, menurut Wamenkeu, pemerintah juga mempersiapkan anggaran khusus untuk pengembangan pariwisata.

Untuk tahun 2020, APBN dalam rangka pemulihan ekonomi nasional juga menyediakan program stimulus pariwisata yang diharapkan dapat mendukung kegiatan pariwisata.

Wamenkeu memberikan gambaran bahwa sektor pariwisata dapat bangkit dan pulih dengan dukungan dari banyak peran. “Dukungan pemerintah pusat yaitu melalui belanja kementerian/lembaga, belanja BUMN, belanja swasta, dan belanja pemerintah daerah,” ucapnya.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp15,1 triliun pada 2021. Dengan anggaran yang tersebar di kementerian/lembaga, non kementerian/lembaga, dan transfer ke daerah, Wamenkeu berharap sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata semakin meningkat.

"Sinergi akan menjadi lompatan arah kebijakan yang baik untuk pariwisata," tutup Wamenkeu RI, Suahasil Nazara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES