Ekonomi

Ekonomi Syariah Menurun, Apa Kata Wapres RI KH Ma'ruf Amin?

Kamis, 26 November 2020 - 20:08 | 26.01k
Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada Webinar Series IIFEST 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (26/11). (FOTO: wapresri.go.id)
Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada Webinar Series IIFEST 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (26/11). (FOTO: wapresri.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAEkonomi syariah berpotensi menjadi salah satu pilar dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Karena itu, upaya untuk menggairahkan kembali ekonomi dan keuangan syariah pasca pandemi menjadi hal yang penting, demikian diyakini Wapres RI KH Ma'ruf Amin.

Untuk itu, pembangunan ekosistem yang kondusif bagi ekonomi dan keuangan syariah sangatlah diperlukan. Dengan terbangunnya ekosistem yang kondusif, maka akan semakin banyak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan keuangan syariah.

"Sehingga upaya pemulihan akan semakin cepat," ungkap Wapres saat memberikan sambutan pada Webinar Series Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2020).

Di acara bertemakan 'Menghadapi Resesi Global: Peluang dan Tantangan Ekonomi Islam' ini, Wapres menyampaikan, State of the Global Islamic Economy Report mencatat bahwa perlambatan ekonomi Islam Global tidak separah dibandingkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia secara keseluruhan.

Pertumbuhan ekonomi dunia akibat Covid-19 mengalami kontraksi 5,2 persen, sedangkan ekonomi Islam global mengalami kontraksi 2,5 persen.

"Walaupun tumbuh negatif, saya tetap melihat peluang bahwa permintaan produk halal global masih tetap dapat dimanfaatkan, mengingat ekspor produk halal kita yang masih kecil," tandas Wapres RI KH Ma'ruf Amin terkait potensi Ekonomi syariah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES