Entertainment

BTS Masuk Nominasi Utama Grammy Awards

Kamis, 26 November 2020 - 19:42 | 132.79k
BTS. (foto: Big Hits Entertainment)
BTS. (foto: Big Hits Entertainment)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Langkah BTS mendobrak dinding pembatas industri musik dunia tak bisa lagi dibendung. Catat saja, mereka mampu merajai tangga lagu di Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis dengan lagu-lagu berbahasa Korea, hingga masuk nominasi penghargaan musik besar seperti Billboard Awards dan American Music Awards.

Kini untuk pertama kalinya, BTS masuk nominasi Grammy Awards 2021 di kategori Best Pop Duo/Group Performance melalui lagu Dynamite. Pada kategori tersebut, mereka akan bersaing dengan One Day (J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy), Intentions (Justin Bieber ft. Quavo), Rain on Me (Lady Gaga, Ariana Grande), dan Exile (Taylor Swift ft. Bon Iver). Nama-nama besar yang sudah langganan masuk nominasi Grammy dari tahun ke tahun.

Nominasi ini tentu sangat berarti bagi BTS sebab selama ini Grammy dianggap sebagai penghargaan musik yang konvensional. Alih-alih memasukkan musisi dari negara lain yang menyanyikan lagu berlirik non bahasa Inggris, kategori-kategori khusus dibuat untuk mewadahi musisi berkulit hitam dan keturunan Latin yang tinggal atau berkiprah di Amerika Serikat (AS).

BTS.jpg

Pengumuman yang disampaikan pada Rabu (25/11/2020) dini hari waktu Indonesia itu disambut teriakan seru oleh empat member BTS. Rupanya, RM beserta Jimin, V, dan JungKook rela menahan rasa kantuk untuk menonton livestream pengumuman nominasi Grammy Awards ke-63 langsung dari Amerika Serikat.

Mereka berempat duduk berdampingan sembari memasang wajah tegang. Begitu nama BTS disebut, rasa suka tak bisa lagi dielak. Baik RM, Jimin, dan JungKook meloncat dari tempat duduknya. Reaksi menonton pengumuman berdurasi 19 detik itu diunggah di akun Twitter mereka @BTS_twt dengan caption,”Ohmmmmmmyyyyyyyyggghghhhhhhhgggggggggdhdhsjsixudbslsogbdsisgshdbxidjdbdidhdifjfiri#GRAMMYs#BTS.”

Tweet-bts.jpgLucunya, salah satu member yang duduk di sofa panjang hanya terdiam tak bereaksi saking tidak percayanya. Siapa lagi dia kalau bukan V.

Beberapa jam setelah pengumuman Grammy Award, reaksi V itu ditanyakan James Corden untuk program The Late Late Show with James Corden yang disiarkan televisi CBS di AS.

“V, kamu bahkan tidak bergerak sama sekali. Kenapa? Apa yang kamu rasakan saat itu?"

V pun menjawab dengan bahasa Korea. “Aku sangat tidak bisa mempercayai ini,” ujarnya. RM kemudian menerjemahkan dalam bahasa Inggris. “Dia diam tak berkutik karena tidak percaya dengan apa yang didengarnya (BTS masuk nominasi Grammy Awards),” kata RM.

j-hope ikut nimbrung. ”Aku tidak muncul di video karena sedang tidur. Ketika aku bangun dan tahu beritanya, aku menangis.” Toh, itu tak membuat dia tidak bergaya untuk ARMY, penggemar loyal BTS. Dia juga mengunggah video singkat di akun @BTS_twt dengan caption “Ayo, kita ke Grammy!”

Lalu, apa makna masuk nominasi Grammy ini? RM mengatakan kalau Grammy Award adalah penghargaan yang terhormat bagi BTS. “Saya tahu ini sebuah langkah besar bukan hanya bagi kami tetapi juga untuk industri musik. Terlebih penggemar kami pasti bangga, dan rasanya kerja keras kami selama ini akhirnya terbayar,” papar RM.

BTS sudah pernah datang di ajang Grammy Awards. Pada 2019, tampil sebagai presenter. Saat itu, HuskyFox, perusahaan branding yang mengerjakan cover album BTS “Love Yourself: Tear” sempat masuk nominasi untuk Best Recording Package. Lalu pada 2020, menjadi pengisi acara kolaborasi bersama Lil Nas X serta artis lain membawakan lagu Old Town Road. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES