Peristiwa Daerah

Tiket Kereta Api untuk Libur Nataru Sudah Bisa Dipesan

Kamis, 26 November 2020 - 19:24 | 45.51k
Ilustrasi penumpang Kereta Api. (Foto: Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya)
Ilustrasi penumpang Kereta Api. (Foto: Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (libur Nataru), tiket Kereta Api (KA) sudah bisa dipesan hari ini, Kamis (26/11/2020).

Pemesanan tersebut bisa melalui KAI Acsess atau situs KAI.id dan kanal penjualan tiket online.

“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode liburan Natal dan Tahun baru secara online, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Saat libur Nataru, PT KAI Daop 8 telah mengoperasikan perjalanan jarak jauh dan menengah sebanyak 29 KA. Adapun untuk stasiun keberangkatan awal dipusatkan pada 3 stasiun kelas besar yaitu Stasiun Malang sebanyak 6 KA jarak menengah/jauh, Stasiun Pasar Turi sebanyak 7 KA jarak menengah/jauh dan Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA jarak menengah/jauh (8 KA Pemberangkatan awal dan 8 KA yang melintas).

PT KAI a

29 KA jarak menengah/jauh tersebut tujauannya yakni ke arah Jakarta 12 KA, ke arah Bandung 5 KA, Ke arah Jember/Ketapang 7 KA, masing-masing 1 KA ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap serta Purwokerto.

“Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar Suprapto.

Di masa pandemi, KAI hanya menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Selain itu, pelanggan KA Jarak Jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Pelanggan juga diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan rapid test seharga Rp 85.000 di 5 stasiun, yaitu, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo dan  Mojokerto,

“Jika dilakukan di Stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan,” ujar Suprapto.

Suprapto melihat, sebelum libur Nataru, sebenarnya masyarakat sudah mulai kembali mempercayakan moda transportasi kereta api. Hal itu terlihat dari volume pelanggan yang terus menunjukkan tren positif dalam 3 bulan terakhir ini. Bulan September 293.425 penumpang/bulan, Bulan Oktober 354.695 penumpang/bulan dan Bulan November 2020 diprediksi bisa mencapai 370.000 penumpang/bulan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES