Peristiwa Daerah

Bersama Pencinta KA, PT KAI Sosialisasikan Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Kamis, 26 November 2020 - 18:52 | 37.88k
Juga dibagikan masker kepada pengguna jalan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Purwokerto for TIMES Indonesia)
Juga dibagikan masker kepada pengguna jalan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Purwokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAPPT KAI (Kereta Api Indonesia) (Persero) menilai, keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, operator, dan pengguna jalan memiliki peran masing-masing yang sama pentingnya.

"Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar keselamatan di perlintasan sebidang kereta api dapat tercipta," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, dalam kegiatan sosialisasi di perlintasan sebidang di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/11/2020).

KAI bersama unsur masyarakat dan pemerintah kembali melakukan upaya sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang, di antaranya dengan mengajak Komunitas Pencinta Kereta Api (Rail Fans) dan dinas terkait melakukan edukasi kepada masyarakat untuk membangun budaya disiplin di perlintasan sebidang, dan mematuhi rambu-rambu yang ada.

Juga-dibagikan-masker-2.jpg

Dalam kegiatan ini, KAI bersama masyarakat membentangkan spanduk saat pintu perlintasan tertutup ketika KA lewat. Juga dibagikan masker kepada pengguna jalan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan sosialisasi bersama Pencinta KA ini telah dilaksanakan di beberapa tempat yang rawan, yaitu di perlintasan nomor 376 (Stasiun Notog), nomor 382 (Kaliwangi, antara stasiun Notog-Kebasen), perlintasan nomor 352 (antara stasiun Purwokerto-Karanggandul), dan perlintasan nomor 343 (antara stasiun Karanggandul-Karangsari).

Kegiatan juga dihadiri unsur TNI/Polri setempat, guna turut menyosialisasikan keselamatan berlalulintas di perlintasan sebidang. Kegiatan ini akan berlanjut ke beberapa perlintasan sebidang KA laiinnya.

Perlintasan sebidang seharusnya dibuat tidak sebidang, yaitu menjadi fly over dan underpass untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan.

Langkah lain yakni dengan menutup perlintasan sebidang yang tidak berizin atau liar. Yang terakhir, peningkatan keselamatan dengan pemasangan Peralatan Keselamatan Perlintasan Sebidang disertai dengan pemasangan Perlengkapan Jalan.

Peningkatan dan pengelolaan perlintasan sebidang tersebut dilakukan oleh penanggung jawab jalan sesuai klasifikasinya, seperti Menteri untuk jalan nasional, Gubernur untuk jalan provinsi, dan Bupati/Walikota untuk jalan kabupaten/kota, dan jalan desa. Hal ini sesuai PM Perhubungan No 94 Tahun 2018 Pasal 2 dan 37.

Juga-dibagikan-masker-3.jpg

Saat ini di wilayah Daop 5 Purwokerto, perlintasan sebidang ada 208 titik, yang tersebar di sepanjang jalur, dengan rincian, dijaga KAI 62, dijaga Pemda 39, tidak dijaga 107.

Untuk perlintasan tak terjaga, tersebar di Kabupaten Banyumas 12, Brebes 3, Ciamis 2, Cilacap 45, Kebumen 16, Purworejo 7, dan Tegal 22.

KAI Daop 5 Purwokerto sudah cukup banyak menutup perlintasan sebidang liar dengan tujuan normalisasi jalur KA dan peningkatan keselamatan perjalanan KA dan masyarakat.

"KAI bersama pemerintah terus bersinergi untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang melalui berbagai upaya," ungkap Supriyanto.

Sementara, di sisi penegakan hukum dibutuhkan penindakan bagi setiap pelanggar agar menimbulkan efek jera dan meningkatkan kedisiplinan para pengguna jalan. KAI rutin menjalin komunikasi dengan Kepolisian setempat agar penegakan hukum diterapkan secara konsisten.

Perlu ada kesadaran dari setiap pengguna jalan untuk mematuhi seluruh rambu-rambu dan isyarat yang ada saat melalui perlintasan sebidang. Hal ini dikarenakan keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab setiap individu.

"Keselamatan di perlintasan sebidang dapat tercipta jika seluruh unsur masyarakat dan pemerintah dapat bersama-sama peduli," tandasnya.

PT KAI mengharapkan, kepedulian seluruh stakeholder termasuk para pengguna jalan, mampu menciptakan keselamatan di perlintasan sebidang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES