Pemerintahan

Kementan RI Raih Peringkat 1 Badan Publik Informatif, Ini Kata Guru Besar UI

Kamis, 26 November 2020 - 18:02 | 29.35k
[Kiri] Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan RI)
[Kiri] Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Informasi Pusat (KIP) menyatakan Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) menempati peringkat pertama atas keterbukaan informasi publik 2020. Hal tersebut, diapresiasi berbagai kalangan, terutama akademisi, termasuk Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Profesor Ibnu Hamad.

Dalam keterangannya, ia mengatakan, penghargaan tersebut mencerminkan bahwa tugas dan fungsi dari kementerian sebagai badan pelayanan publik telah dijalankan dengan baik. "Ini tentu sangat menggembirakan bagi Kementerian Pertanian, selaku Badan Publik," ucap Prof Ibnu, Kamis (26/11/2020).

Menurut Prof Ibnu, keterbukaan informasi sangat penting bagi seluruh stakeholder pemerintahan. Dengan kata lain, bila hal tersebut terwujud maka membuktikan adanya transparansi yang mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Keterbukaan informasi pada Kementerian Pertanian, akan berimbas pada kemajuan para petani Indonesia. Sehingga saya katakan sekali lagi, anugerah atas kluster tertinggi inovatif ini penting bagi seluruh jajaran Kementerian Pertanian," jelasnya.

Prof Ibnu berharap kedepannya, prestasi tersebut dipertahankan pasalnya, peringkat pertama pasti didambakan oleh Kementerian maupun Lembaga Pemerintah lainnya. 

Prof Ibnu juga berpesan, transparansi terhadap informasi harus memberi makna bagi kemajuan dan kesejahteraan, terutama di bidang pertanian.

"Selamat mempertahankan di masa-masa yang akan datang, untuk itu pengelolaan informasi publik khususnya dan informasi kehumasan pada umumnya di Kementerian Pertanian (Kementan RI), mesti lebih giat lagi," tandas Prof Ibnu, Guru Besar Ilmu Komunikasi UI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES