Peristiwa Daerah

Calon Kades di Sumedang Siap Wujudkan Pilkades Aman, Damai dan Kondusif

Kamis, 26 November 2020 - 17:33 | 41.72k
Disaksikan Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan Sejumlah Calon Kepala Desa (Kades) Tandatangani Deklarasi Damai Menjelang Pilkades Serentak (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Disaksikan Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan Sejumlah Calon Kepala Desa (Kades) Tandatangani Deklarasi Damai Menjelang Pilkades Serentak (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, Erwan Setiawan mengapresiasi positif calon Kepala Desa (Kades) yang mengikuti kontestasi Pemihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang ke-III pada Rabu (16/12/2020) mendatang dengan menyatakan siap menjaga kondusifitas Kabupaten Sumedang

Hal iru ditegaskan Wabup seusai kegiatan Sosialisasi dan Deklarasi Damai Calon Kades pada tahapan Pilkades Serentak Gelombang ke-III dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Aula Kantor Kecamatan Tanjungsari, Kamis (26/11/2020). 

"Sejumlah calon kades ini bersiap ikutserta menjaga kondusifitas, bahkan berkomitmen konstestasi Pilkades berjalan aman, damai dan kondusif," ujar Wabup kepada sejumlah wartawan.

Menurut Wabup, pada kesempatan itu, turut dihadiri oleh Calon Kades dari beberapa kecamatan yakni, kecamatan Tanjungsari, Jatinangor, Sukasari, Cimanggung dan Pamulihan. 

"Para calon kades ini telah berkomitmen untuk menjaga demokrasi. Terlebih, mengikuti aturan Pilkades demi terwujud proses demokrasi yang jujur dan adil (jurdil)," terangnya. 

Menurut Wabup, sebanyak 88 desa se-Kabupaten Sumedang yang akan mengikuti Pilkades, diharapkan agar warga yang telah memiliki hak pilih dapat mengikuti secara pro aktif dengan menyalurkan hak suaranya tanpa harus golput. 

Lebih dari itu, Wabup berharap semua calon kades dapat menerima apapun hasilnya dan siapapun yang meraih suara terbanyak. 

"Kontestasi Pilkades sejatinya siap menerima kekalahan dengan lapang dada tanpa harus diwarnai kekecewaan yang berdampak pidana sehingga merugikan diri sendiri dikemudian hari," terangnya. 

Namun demikian, imbuh Wabup, secara teknis momentum Pilkades Kabupaten Sumedang di tengah masa pandemi Covid-19 tahun sekarang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS). (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES